Sinopsis Novel Karmila Marga T.

Sastra 0
Karmila

Novel Karmila Marga T.

Marga T. merupakan seorang pengarang yang bisa menghadirkan gaya tulisan yang berbeda dengan pengarang lainnya. Hal ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor usia, profesi utamanya atau profesi sebelumnya, pengalaman dan lainnya.

Kata-kata yang digunakan, latar belakang cerita yang dituliskan juga dipengaruhi oleh hal sama. Marga T. merupakan salah satu penulis yang memasukkan pengalamannya dalam sebuah novel. Karmila merupakan salah satu novel karyanya yang fenomenal yang diterbitkan oleh Gramedia dengan tebal novel 432 halaman.

Isi novelnya mengisahkan tentang seorang mahasiswa kedokteran yang bernama Karmila. Marga T. mengisahkan bagaimana Karmila yang menjalani hari-harinya bersama orang tua dan adiknya serta kekasihnya yang berada di Australia. Kehidupan yang sewajarnya, normal dan bahagia tiba-tiba terusik dengan sebuah peristiwa.

Di bawah ini adalah sinopsis novel Karmila :

Karmila adalah seorang wanita berasal dari keluarga baik-baik, ia dibesarkan di asrama Kesusteran, suatu hari ia diajak oleh seorang temannya pergi ke sebuah pesta ulang tahun temannya. Sebenarnya ia tidak berminat menghadiri pesta itu, karena ia merasa gelisah memikirkan tunangannya, surat yang dikirimnya belum ada balasannya dari Australia, tetapi temannya itu tetap saja memaksanya supaya ikut, akhirnya ia pun ikut ke pesta itu meskipun perasaannya sedang gelisah.

Pesta yang sangat meriah dan banyak para undangan, tanpa terasa malam pun semakin larut dan suasana pun semakin hening, tetapi ke semua itu tidak merubah suasana daalam pesta tersebut. Dalam arloji ternyata sudah menunjukan pukul dua, akhirnya karmila mengajak Ana untuk pulang, karena Karmila merasa sudah ngantuk sekali tapi Ana tidak menghiraukan ajakannya, malah Ana menyuruh Karmila untuk tidur dirumah itu, karena ia merasa sudah mengantuk sekali, akhirnya apa yang dikatakan oleh temannya itu diturutinya. Ia tidak tahu pukaul berapa terbangun karena disekitar kamar itu sangat gelap sekali, diulurkannya tangan untuk mengamgil arloji teatpi ia tidak bisa melihat arlloji itusama sekali, badannya terasa panas, jantungnya berdebar-deba perasaannya tidak enak sekali dan mulutnya nerasa terbakar. Ketika itu beranjak turun dari tempat tidurnya, tanpa disadarinya ternyata di dalam kamar itu ada seorang pemuda yang badannya penuh dengan bau alcohol dan dalam keadaan mabuk, Karmila berdiri kaku, ia sangat takut sekali, ia tahu bahwa bahaya akan mengancamnya, akhirnya peristwa itu terjadilah.

Tiga hari kemudian setelah kejadian itu, semua Koran ibukota memuat sebuah pesta amoral yang terjadi dijalan S. “Anak bapak DG memperkosa mahasiswi kedokteran, putera seorang pembesar tertangkap basah memakaiobat perangsang”. Kemudian dibacanya berulang-ulang, dengan tidak jemunya Bapak Daud terus membuka halaman lain ternyata benar bahwa anaknya yang bernama Faisal telah ditahan oleh polisi karena tuduhan menganiaya dan memperkosa gadis bernama Karmila, hatinya merasa teriris-iris setelah membaca koran itu. Selain keluarga Faisal yang mersa malu akibat ulah anaknya itu yang lebih merasa malu lagidan merasa tertekan adalah Karmila yang telah menjadi korban anak Bapak Daud. Karena keluarga Karmila tidak ingin memperpanjang perkara akhirnya Faisal dibebaskan dari penjara dan dilepaskan dari segala tuduhan asalkan Faisal mau bertanggung jawab atas perbuatannya itu.

Setelah dibebaskan dari penjara dan dari segala tuduhan, Faisal sadar bahwa dirinya telah menodai dan menghancurkan segala yang diimpikannya sejak ia masih kecil. Ia merasa bersalah dan merasa baerdosa sekali, ia menebus segala kesalahannya yang telah diperbuatnya itudengan cara menikahi gadis itu. Akhirnya mereka menikah, meskipun pada mulanya Karmila tidak ingin menikah dengan lelaki yang telah menghancurkan hidupnya itu, tetapi bagaimana dengan anaknya kalau lahir nanti. Setelah menikah Karmila melanjutkan lagi sekolah kedokterannya yang selama ini tertunda, sampai akhirnya ia mendapatkan sebuah ijazah kedokteran. Karmila merasa senang dan gembira sekali ternyata apa apa yang diinginkanya selama ini tercapai juga meskipun ia harus mengalami musibah terlebih dahulu.

Karmila, Faisal beserta anaknya Fani mereka bertiga hidup bahagia sekali, mereka tinggal di rumah Kemayoran yang dibeli oleh Faisal untuk Karmila. Karmila sangat bahagia, apalagi sekarang ia sudah menjadi seorang dokter dan ia membuka praktek di rumahnya, setiap sore ia mulai membuka prakteknya itu, disela-sela kebahagiaannya itu ia selalu ingat akan tunangannya yang dulu yang ia sangat cintai bahkan ia berharap akan menikah dengannya tapi musibah duluan yang telah menghancurkan semuanya itu. Ia mencoba untuk menghapus semua masalah dan semua kenangan waktu bersama tunangannya, tetapi semua itu membutuhkan waktu yang lama sekali, hingga suatu hari ia baru bisa melupakannya karena ia menyadari bahwa semua itu tidak akan ada artinya lagi buatnya, yang ia pikirkan sekarang ini hanya Faisal saja, ia hanya ingin cinta dan kasih sayangnya dari Faisal tanpa dari orang ketiga.

Ditengah kebahagiaannya it, datanglah Edo bekas tunangannya, semenjak kedatangan Edo  kebahagiaan dalam rumah tangga Karmila semakin berkurang, Edo berusaha untuk menghancurkan kebahagiaan Karmila dengan cara meracuni segala pikiran Karmila dan berusaha untuk mencintainya lagi, hingga pada suatu hari hamper Karmila terbujuk dan percaya akan semua omongan-omongan Edo. Tetapi Karmila yakin bahwa suaminya tidak mungkin melakukan hal seperti yang apa yang dikatakan oleh Edo. Dihati Karmila hanya ingin Faisal seorang yang dicintainya meskipun Edo lah yang yang akan menjadi pendamping hidupnya tapi semua itu dulu.

Semua apa yang direncanakan oleh Edo, ingin merebut ingin merbut kembali Karmila dari tangan Faisal dan menghacurkan kebahagiannya semuanya gagal, karena karena kesetiaan dan kasih sayang Faisal terhadap Karmila tidak menjadikan Karmila harus kembali pada Edo. Akhirnya Edo menyadari bahwa apa yang dilakukannya itu adalah tidak benar, justru dengan kebodohannya itu akan menghancurkan orang yang pernah dicintainya meskipun tidak bersamanya. Edo sadar setelah bertemu dengan Faisal , ternyata dugaannya selama ini salah, justru Faisal sangat mencintai Karmila dengan sepenuh hatinya, akhirnya Edo merelakan orang yang sangat dicintainya bersama lelaki yang dulu pernah menghancurkan kehidupannya.

Tags:

Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply