Sistematika Laporan Perjalanan

Bahasa 0
laporan

Sistematika Laporan Perjalanan

(Cikancah-Cyber) РLaporan dalam pengertian umum, memiliki arti sebagai segala sesuatu yang dilaporkan. Nama lain dari laporan adalah berita. Laporan juga dapat diartikan  sebagai jenis dokumen yang berisikan paparan peristiwa atau kegiatan yang telah dilakukan seseorang atas dasar tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.

Isi dari laporan adalah hal-hal yang berkaitan langsung dengan tanggung jawab yang dibebankan itu. Adapun ciri-ciri laporan yang baik adalah sebagai berikut (1) ditulis dalam bahasa yang baik dan jelas, tidak menimbulkan salah pengertian, (2) disertai fakta yang akurat dan meyakinkan, (3) informasi yang disajikan lengkap, dan (4) menarik dan enak dibaca.

Laporan perjalanan adalah salah satu jenis laporan yang mengungkapkan tentang suatu kegiatan perjalanan atau muhibah. Misalnya perjalanan dinas, perjalanan wisata, ekspedisi, dan lain-lain.

Dalam menulis laporan perjalanan, selain diungkapkan dengan bahasa yang baik dan jelas, laporan perjalanan juga harus mengungkapkan fakta, menarik dibaca, juga hendaknya memuat tentang maksud dan tujuan perjalanan, serta hasil dan kesimpulan perjalanan.

Laporan perjalanan itu bisa dibuat dalam bentuk wacana deskripsi seperti layaknya menulis karangan. Tetapi, bisa juga dirinci secara sistematis sehingga mudah dikenali data-datanya.

Berikut ini adalah kerangka atau sistematika sebuah laporan perjalanan  ;

1. Nama kegiatan
Berisikan tentang identitas kegiatan yang dilakukan dalam perjalanan.
2. Dasar Pemikiran
Berisikan tentang latar belakang penulisan laporan perjalanan.
3. Tujuan perjalanan
Berisikan tentang indikator-indikator yang akan dicapai setelah penulisan laporan perjalanan.
4. Waktu Tempat dan Lokasi perjalanan
Berisikan waktu, tempat, dan lokasi perjalanan.
5. Peserta
Berisikan siapa saja yang ikut atau terlibat dalam perjalanan tersebut.
6. Biaya dan sumber biaya
Berisikan tentang perincian dana dan dari mana dana tersebut diambil untuk keperluan laporan perjalanan.
7.Hal-hal yang diamati
Berisikan tentang hal-hal penting yang akan diamati untuk dijadikan penulisan laporan perjalanan tersebut.
8. Pembahasan
Berisikan deskripsi dan kesimpulan. Dalam pembahasan ini berisi tentang informasi-informasi penting yang ingin disampaikan dari awal sampai akhir perjalanan.
Demikian artikel tentang Laporan Perjalanan, pengertiannya beserta sistematika laporan perjalanan. Semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply