10 Ciri Guru Profesional

Artikel, Pendidikan 0
ciri guru profesional

10 Ciri Guru yang Profesional

Salah satu komponen yang paling penting dalam pendidikan  adalah guru. Berhasil atau tidaknya dunia pendidikan tergantung pada guru itu sendiri. Tidak bisa dipungkiri bahwa guru adalah merupakan profesi yang sudah lama ada sejak dahulu kala. Bahkan usia profesi ini sama dengan usia bumi. Melalui profesi guru, ilmu pengetahuan dan teknologi dapat berkembang seperti sekarang ini.

Seorang guru bertugas memberikan ilmu pengetahuan kepada orang lain yang membutuhkan. Dengan belajar kepada guru membuat seseorang menjadi tahu mengenai suatu disiplin ilmu. Ilmu pengetahuan akan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

Untuk memegang profesi guru diperlukan persyaratan tertentu. Memiliki ilmu pengetahuan tertentu dan mampu mengajarkannya kepada orang lain. Untuk menjadi guru tidak tergantung kepada usia. Artinya, guru dapat berusia lebih muda dari orang yang akan diajari.  Namun lazimnya, umur seorang guru lebih tua dari siswa. Faktor pengalaman menjadi guru, termasuk usia, ikut menentukan bagaimana proses transfer ilmu kepada siswa.

Profesi menjadi seorang guru  merupakani sesuatu yang menarik perhatian bagi banyak orang di Indonesia. Dan semakin banyak anak muda yang berminat menjadi guru. Apalagi sejak digulirkannya program sertifikasi guru. Program pemerintah ini memungkinkan para guru untuk memperoleh penghasilan yang bagus setelah memenuhi persyaratan tertentu.

Guru profesional adalah guru yang sejahtera dan memiliki berbagai kemampuan yang diperlukan dalam menjalankan profesinya. Paling tidak ada 4 kompetensi dasar yang harus dipunyai oleh guru profesional. Selain itu seorang guru yang profesional memiliki ciri-ciri sebagai berikut (1) selalu punya energi untuk siswanya, (2) mempunyai tujuan yang jelas untuk pelajaran, (3) mempunyai keterampilan mendisiplinkan yang efektif, (4) mempunyai keterampilan manajemen kelas yang baik, (5) bisa berkomunikasi baik dengan orang tua siswa, (6) punya harapan yang tinggi terhadap siswanya, (7) memiliki pengetahuan tentang kurikulum, (8) memiliki pengetahuan tentang subjek yang diajarkan, (9) selalu memberikan yang terbaik untuk siswanya dalam proses pembelajaran, dan (10)mempunyai hubungan yang berkualitas dengan siswanya.

Dengan demikian jelas menjadi seorang guru harus memiliki ciri-ciri tersebut, agar dunia pendidikan menjadi lebih maju. Selain itu seorang guru haruslah menjadi tauladan bagi siswanya, seperti pepatah mengatakan guru itu adalah digugu dan ditiru. Artinya segala tingkah laku guru akan selalu dicontoh oleh para siswanya. Sekian semoga bermanfaat bagi kita semua.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
10 Ciri Guru Profesional,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply