Apa Cerita Berbingkai Itu?

Sastra 0
1cerita berbingkai

Cerita Berbingkai

Salah satu cerita pelipur lara yang berkembang dan dikenal dalam masyarakat tradisional adalah cerita pelipur lara. Dalam cerita pelipur lara itu terdapat cerita lain  sebagai cerita sisipan, yang di dalamnya terkadang terdapat pula cerita lain sehingga cerita itu menjadi sangat panjang. Cerita sisipan itu merupakan cerita lepas yang tidak berkaitan dengan cerita induknya. Jadi ada dua fokus perhatian dalam cerita berbingkai, yaitu cerita induk dan cerita sisispan.

Cerita berbingkai isinya berupa fatwa yang berguna bagi kehidupan manusia, cerita ini berguna untuk menanamkan ajaran agama, pengetahuan duniawi, dan memberikan hiburan.

Cerita berbingkai yang semula berasal dari India dan Persia ini, hidup dan berkembang dalam sastra Indonesia dan Malaysia. Di India cerita ini disebut akhyayikakantha cerita atau percakapan yang menyenangkan. Cerita berbingkai dalam sastra Indonesia antara lain Hikayat Seribu Satu Malam, Hikayat Bahtiar, Hikayat Kalila dan Damina, dan Hikayat Bayan Budiman.

Dalam Hikayat Seribu Satu Malam dalam bahasa Inggris The Arabian Night terdapat kisah sedih mengenai Scheherezade. Wanita cantik sebelum dihukum mati, diminta oleh oleh sang raja untuk bercerita. Untuk itu Scheherezade bercerita secara bersambung selama 1001 malam. Seusai bercerita sang raja menyadari keburukan hatinya sehingga ia membatalkan niatnya untuk membunuh wanita rupawan itu. Cerita sisipan dalam cerita berbingkai ini, antara lain Ali Baba dengan Empat Puluh Orang Pencuri, Nakhoda Sindbad, dan Aladin dengan Lampu Wasiatnya yang masing-masing berdiri sendiri sebagai cerita utuh.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply