Apotik atau Apotek?

Aplikasi, Bahasa 0
apotik atau apotek

Penulisan yang Benar Apotik atau Apotek?

Sebagai pengguna bahasa, kita harus lebih jeli dan teliti ketika kita akan menulis sebuah kata agar tulisan tersebut benar. Walaupun kita juga sering menemukan berbagai macam tulisan di tempat-tempat umum yang masih beragam. Keberagaman tersebut tentu saja harus disatukan menjadi yang benar dan baku sesuai dengan standar ketatabahasaan bahasa Indonesia. Agar tidak menjadi salah kaprah dalam penulisan.

Salah-satunya adalah penulisan kata apotik dan apotek. Dalam benak kita terkadang timbul keraguan sebetulnya mana yang benar cara penulisannya. Agar tidak timbul keraguan, maka segala yang akan ditulis itu harus mengacu pada Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Karena EYD itu merupakan pedoman dan panduan tentang tata cara penulisan yang benar. Ketika tulisan itu sudah sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan, maka tulisan tersebut menjadi sebuat tulisan yang baku.

Begitu pula halnya menulis kata apotek atau apotik. Sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan dan Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka penulisan yang baku dan benar adalah apotek bukan apotik. Seperti contoh dalam kalimat berikut : Kemarin siang saya membeli obat sakit perut di apotek.

Demikian cara menulis kata apotek menurut Ejaan Yang Disempurnakan atau EYD, sehingga menjadi kata yang baku dan benar. Dengan hal tersebut maka untuk menyebut seseorang yang ahli dibidang obat-obatan adalah apoteker bukan apotiker. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tags:
Rate this article!
Apotik atau Apotek?,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply