Ciri Kepala Sekolah Profesional

Artikel, Pendidikan 0
 ciri kepsek

Ciri Kepala Sekolah Profesional

Kepala Sekolah adalah seorang pemimpin yang merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sebagaimana dikemukakan dalam Pasal 12 ayat 1 PP 28 tahun 1990 bahwa: “Kepala sekolah bertanggungjawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga kependidikan lainnya, dan pendayagunaan serta pememliharaan sarana dan prasarana”.

Agar menjadi seorang Kepala Sekolah yang profesional, maka harus mimiliki kualifikasi di dalam memanajemen kepemimpinan tersebut. Seorang Kepala sekolah yang profesional memiliki ciri-ciri sebagai berikut yaitu (1) memiliki kejujuran, (2) kompetensi yang tinggi, (3) memiliki harapan yang tinggi (high expectation), (4) satandar kualitas yang tinggi, (5) motivasi yang kuat untuk mencapai suatu tujuan, (6) integritas yang tinggi, (7) komitmen yang kuat, (8) etika kepemimpinan yang luhur, (9) menjadi teladan, (10) kecintaan terhadap profesi, (11) kemampuan untuk berpikir  strategis (strategis thinking), dan (12) memiliki pandangan jauh ke depan (visionary).

Sebagai seorang Kepala Sekolah dalam menjalankan kepemimpinannya, selain harus tahu dan paham tugasnya sebagai pemimpin, yang tak kalah penting dari itu semua seyogyanya kepala sekolah memahami dan mengatahui perannya. Adapun peran-peran kepala sekolah yang menjalankan peranannya sebagai manajer seperti yang diungkapkan oleh Wahjosumidjo (2002:90) adalah: (1) Peranan hubungan antar perseorangan; (2) Peranan informasional; (3) Sebagai pengambil keputusan.

Walau dalam kenyataannya banyak faktor penghambat tercapainya kualitas keprofesionalan kepemimpinan kepala sekolah, seperti proses pengangkatannya tidak trasnparan, rendahnya mental kepala sekolah yang ditandai dengan kurangnya motivasi dan semangat serta kurangnya disiplin dalam melakukan tugas, dan seringnya datang terlambat, wawasan kepala sekolah yang masih sempit  serta banyak faktor penghambat lainnya yang menghambat tumbuhnya kepala sekolah yang professional untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ini yang menjadikan rendahnya produktivitas kerja kepala sekolah yang berimplikasi juga pada mutu (input, proses, dan output).

Dalam peningkatan profesionalisme kepala sekolah perlu dilaksanakan secara berkeinambungan dan terncana dengan melihat permaslahan-permasalahan dan keterbatasan yang ada. Sebab kepala sekolah merupakan pemimpin pendidikan yang juga bertanggung jawab dalam meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan lainnya. Kepala sekolah yang professional akan mengetahui kabutuhan dunia pendidikan, dengan begitu kepala sekolah akan melakukan penyesuian-penyesuian agar pendidikan berkembang dan maju sesuai dengan kebutuhan pembangunan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan demikian jika seorang Kepala sekolah sudah memiliki ciri-ciri seperti di atas maka penyelenggaraan kegiatan pendidikan di sekolah akan berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan dan cita-cita pendidikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply