Dongdo Adalah Istilah Daur Ulang Makanan Ala Sunda

Kuliner, Makanan 0
Dongdo Adalah Istilah Daur Ulang Makanan Ala Sunda

Kentang Salah Satu Bahan Makanan Dongdo (Ilustrasi)

(Cikancah-Cyber) – Istilah Dongdo mungkin agak asing bagi kebanyakan orang, baik dari nama atau arti istilah Dongdo itu sendiri. Tidak demikian bagi sebagian warga Jawa Barat istilah atau nama Dongdo sangat populer di masyarakat Jawa Barat.

Dongdo adalah sebutan bagi makanan yang didaur ulang dengan cara digoreng atau dioseng dan biasanya makanan yang terdapat apabila habis ada hajatan. Makanan yang tidak habis berupa oseng,lodeh dan lain sebagainya disatukan dan dihangatkan kembali dengan cara digoreng sampai terlihat agak menghitam dan mengering.

Dari rasa memang jadi unik, meskipun dari penampilan kalau bukan orang yang biasa makan kurang menarik tetapi jangan dikira kalau anda sudah mencoba bisa nambah nasi 3 piring lagi saking enaknya. Kebanyakan masyarakat di Tatar Sunda apabila setelah hajatan biasanya suka terdapat Dongdo dan sudah menjadi ciri khas.

Bahan yang terdapat dalam makanan Dongdo biasanya hasil penggabungan dari sayur/lodeh kentang,buncis,kacang merah,bihun,mie kunig dan semua itu di mix atau dicampur dalam wajan yang telah dipanaskan dan diberi sedikit minyak goreng. Dengan berbabagai bumbu yang berbeda menjadikan Dongdo dapat memberikan sensasi sekaligus pengalaman baru soal rasa yang dihasilkan.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply