Fungsi Khusus Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional

Artikel, Bahasa 0
fungsi bahasa indonesia

Fungsi Khusus Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional memiliki berbagai fungsi. Salah satu fungsinya adalah fungsi khusus dalam kepentingan berbahasa Indonesia. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional mempunyai fungsi khusus, yaitu:

1. Bahasa resmi kenegaraan

Bahasa resmi  kenegaraan adalah satu atau lebih bahasa yang dipakai oleh pemerintah dalam menerbitkan maklumat-maklumat dan juga bahasa yang dipakai oleh warganya untuk berhubungan dengan instansi pemerintah secara resmi. Selain itu sebagai alat dalam menjalankan administrasi negara seperti surat-menyurat, peraturan dan perundangan dan lain sebagainya.

2. Bahasa pengantar dalam dunia pendidikan

Fungsi bahasa Indonesia dalam kaitannya dengan lembaga-lembaga pendidikan adalah sebagai bahasa pengantar. Jadi, dalam kegiatan atau proses belajar-mengajar bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Indonesia. Berkaitan dengan hal ini, saat ini muncul fenomena menarik dengan adanya Sekolah Nasional Berstandar Internasional (SNBI). Kekhawatiran sebagaian orang terhadap keberadaan bahasa Indonesia dalam SNBI muncul karena bahasa pengantar yang digunakan dalam beberapa mata pelajaran adalah bahasa asing. Padahal kalau kembali ke fungsi bahasa Indonesia, salah satunya adalah bahasa pengantar di lembaga-lembaga pendidikan.

3. Bahasa sebagai alat pemersatu bangsa

Fungsi Bahasa Indonesia sebagai pemersatu bangsa memiliki peranan yang sangat vital sekali karena digunakan sebagai alat perekat Nasionalis warga Indonesia untuk selalu setia kepada Negara Kesatuan Repulik Indonesia. Indonesia yang merupakan Negara kepulauan memiliki lebih dari beribu-ribu pulau yang menyebar dari Sabang hingga Merauke., dengan total penduduk lebih dari 200 juta jiwa. Dengan melihat wilayah indonesia yang sangat luas dengan berbagai pulaunya, maka tidak heran jika Negara indonesia memiliki keberagaman etnis dan budaya, yang tentu saja juga memiliki keanekaragaman bahasa. Dengan adanya keanekaragaman budaya dan bahasa tersebut, maka diperlukan bahasa pemersatu yang bisa membuat seluruh warga Negara di wilayah Indonesia bisa mengerti dan memahami satu sama lain.

4. Alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi

Kebudayaan nasional yang beragam dari masyarakat indonesia yang beragam pula. Dalam penyebarluasan ilmu dan teknologi modern baik berupa buku-buku pelajaran, buku pengetahuan populer, majalah-majalah ilmiah, maupun media cetak hendaknya menggunakan bahasa Indonesia. Pelaksanaan ini mempunyai hubungan timbal balik dengan fungsinya sebagai bahasa ilmu yang dirintis lewat lembaga-lembaga pendidikan.

Demikian pembahasan tentang fungsi khusus bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional, semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply