Hari Buku Nasional

Artikel, Pendidikan 0
minat membaca

Hari Buku Nasional Foto :Ilustrasi Pixabay Image

Tanggal 17 Mei setiap tahunannya selalu diperingati sebagai Hari Buku Nasional. Momen Hari Buku Nasional sangat menarik untuk dibicarakan terutama jiika dikaitkan dengan minat membaca dan perkembangan buku.

Di zaman teknologi informasi yang semakin maju dan canggih, perpustakaan dan toko-toko sudah mulai ditinggalkan. Saat ini merupakan era digital yang semuanya serba online, begitu pula dengan cara membaca serba online. Para pembaca dalam mencari informasi lebih memilih menggunakan gadget daripada membaca buku secara langsung.

Proses membaca baik dengan menggunakan buku secara langsung maupun menggunakan buku digital pada prinsipnya sama, yang keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Dalam membaca buku secara digital lebih prektis dan memiliki nilai ekonomis, tetapi para pembaca akan merasa cepat jenuh karena terlalu lama menatap layar. Sedangkan membaca secara langsung atau secara konvensional lebih leluasa dan lebih santai, tetapi cukup banyak harus mengeluarkan uang dan harus menyempatkan diri pergi ke perpustakaan untuk meminjam buku tersebut.

Dalam Peringatan Hari Buku Nasional yang diperbincangkan bukan soal jenis buku melainkan tentang bagaimana meningkatkan kegemaran dan minat membaca buku. Yang dalam kenyataannya Indonesia merupakan negara yang minat baca bukunya masih rendah dibandingkan dengan negara lain. Ini semua berdasarkan dari survai UNESCO beberapa tahun ke belakang (2011) menunjukkan indeks tingkat membaca masyarakat Indonesia sangat rendah (0,001%). Artinya hanya satu orang  dari seribu penduduk Indonesia yang mau mebaca buku dengan serius. Bahkan menempatkan literasi Internasional Indonesia keurutan enam puluh dari enam puluh satu negara.

Dengan kenyataan ini, maka Kemendikbud turut mencanangkan program lima belas menit membaca buku nonpelajaran sebelum memulai pelajaran di sekolah, dengan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015. Program tersebut merupakan usaha menumbuhkan minat membaca.

Bahkan Perpuskaaan Nasional dalam rangka merayakan peringatan Hari Buku Nasional mengadakan Perpusnas Expo 2016. Kegitan tersebut terbuka untuk umum, masyarakat bisa datang yang akan dilaksanakan mulai tanggal 17 sampai dengan 21 Mei 2016 di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Jakarta. Acara tersebut bertemakan Perpustakaan Sumber Inspirasi dan Inovasi yang menampilkan berbagai kegiatan.

Selamat Hari Buku Nasional.

Tags:
Rate this article!
Hari Buku Nasional,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply