Istilah Surat Lolos Butuh

Artikel, Bahasa 0
surat lolos butuh

Istilah Surat Lolos Butuh

Salah satu alat komunikasi yang sering gunakan adalah surat. Ada beragam istilah surat yang sering digunakan dalam bahasa Indonesia khususnya di perkantoran, salah satunya adalah surat lolos butuh. Surat lolos butuh sebagai suatu istilah yang merupakan terjemahan dari bahasa Belanda misbaarheidsverklaring, adalah surat keterangan resmi lembaga yang menyatakan bahwa pegawai yang diberi surat itu diizinkan untuk pindah ke tempat kerjanya yang baru sehingga segala sesuatu yang berkenaan dengan administrasi perkantoran sudah dapat dipindahkan ke tempat kerjanya yang baru.

Surat Lolos Butuh merupakan istilah yang sudah lama digunakan di bidang administrasi kepegawaian di Indonesia. Namun, dalam perkembangan bahasa Indonesia, makna kata istilah itu ternyata kurang tepat di samping mempunyai konotasi jelek terhadap hal yang bermakna tabu. Salah satu makna kata butuh adalah zakar atau pelir. Oleh karena itu, sebagai pengganti istilah itu, yang maknanya lebih tepat adalah Surat Lepas Tugas.

Dengan demikian kita sebagai pengguna bahasa harus pandai menyesuaikan istilah-istilah yang berkembang dalam bahasa Indonesia khususnya istilah yang diserap dari bahasa asing. Bahasa dari waktu ke waktu mengalami perkembangan yang signifikan termasuk di dalamnya perkembangan istilah.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
Istilah Surat Lolos Butuh,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply