Jadikanlah Sekolah yang Aman

Artikel, Pendidikan 0
1seoklah aman

Jadikanlah Sekolah yang Aman

Tidak pernah ada hentinya kalau berbicara tentang dunia pendidikan. Mulai dari hal-hal yang positif sampai pada hal-hal yang negatif. Pada saat ini lagi marak-maraknya tindak kekerasan seksual yang terjadi pada anak yang membuat daftar kelam institusi pendidikan tersebut. Institusi pendidikan tersebut seharusnya menjadi rumah kedua bagi anak saat menimba dan mencari ilmu pengetahuan.

Hal itu sebagaimana ditegaskan oleh Mendikbud Anies Baswedan mengharuskan adanya nomor telepon penting di lingkungan sekolah agar korban dapat melapor semua tindak kekerasan dengan mudah. Mendikbud  menyatakan harus adanya papan pemberitahuan tentang sekolah aman dan nomor-nomor telepon mulai kepala sekolah, polsek, polres, dinas kabupaten, provinsi, dan Kemendikbud. Apabila ada tindak kekerasan, apabila menjadi korban bisa lapor karena selama ini jika mengalami kekerasan merasa bingung mau ke mana melapornya.

Hal itu menurut Mendikbud sudah termasuk dalam program Sekolah Aman yang telah digagas sejak tahun 2015. Sekolah aman itu dicantumkan di dalam Permendikbud nomor 82 tahun 2015, dalam peraturan itu mengharuskan di setiap sekolah ada tim pencegahan kekerasan. Pertama membentuk Tim pencegahan, tim ini akan membantu pelaksanaan di lapangan karena pencegahan itu adanya pada bagian yang paling ujung.

Yang kedua, harus ada gugus pencegahan kekerasan di setiap Kabupaten dan Kota. Terkait Sekolah Aman di Permen tersebut telah dibicarakan dalam sidang kabinet terbatas dan akan dinaikkan jadi peraturan presiden. Intinya sekolah itu harus jadi tempat yang aman nyaman bagi laki-laki dan perempuan, baik guru dan siswanya.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply