Ketatabahasaan dalam Puisi

Artikel, Sastra 0
ketatabahsaan

Ketatabahasaan dalam Puisi

Berbicara tentang ketatabahasaan, ada beberapa segi ketatabahasaan yang perlu diketahui dan dipahami di dalam puisi apabila ingin menangkap makna puisi tersebut. Dan ketika telah menangkap makna itu, baru dapat menikmatinya. Masalah ketatabahasaan yang dimaksud adalah pemakaian bahasa yang terkadang tidak mengikuti aturan yang biasa dan lazim seperti pada pemakaian bahasa untuk keperluan yang lain.

Untuk memudahkan pemahaman ketatabahasaan dalam puisi perhatikan contoh berikut ini ;

Sepasang mata biji saga

Tanjam tangannya lelancip gobang

Berebahan tubuh-tubuh lalang ditebang

Arkidam, Jante Arkidam

Puisi tersebut diambil pada bait pertama puisi Jante Arkidam karya Ajip Rosidi. Puisi balada ini menggambarkan kejantanan seorang jagoan pada masa penjajahan Belanda. Kita lihat larik pertama pada bait tadi. Jika mengganggap larik itu merupakan kalimat lengkap, lagu mengucapannya harus menaik pada suku kata terakhir kata pertama, lalu diikuti dengan jeda, dan baru dilanjutkan dengan bagian lain atau berikutnya. Maka lagunya sebagai berikut

// sepasang mata biji saga //.

Kalimat tersebut dapat menjawab atas pertanyaan mata biji saga/berapa? Dengan pengucapan kalimat seperti pada jawab itu, makna deretan kata tersebut tidak bergantung pada larik-larik yang lain. Keempat larik puisi itu dapat diparafrasekan seperti pada contoh di bawah ini.

Sepasang mata(nya) bagai biji saga

(dan) tajam tangannya bagai lelancip gobang

Berebahan tubuh-tubuh. (bagaikan) lalang, dia tebang

(Dia)

Arkidam, Jante Arkidam

Keterlepasan kata atau unsur larik puisi sudah menjadi sesuatu yang biasa dilakukan secara sengaja oleh para penyair agar larik puisinya lebih singkat dan lebih berirama, agar membentuk citraannya. Unsur yang terlepas itu dapat dikembalikan lagi penulisannya di antara tanda kurung dengan tujuan agar makan larik puisinya menjadi lebih mudak dipahami.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply