Kisi-Kisi Bahasa Indonesia UN SMP 2016

Artikel, Pendidikan 0
ujian nasional

Kisi-Kisi Bahasa Indonesia UN SMP 2016

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan dilmulai pada hari Senin sampai dengan hari Kamis ( 9-12 Mei 2016). Dengan adanya persiapan yang maksimal, maka akan menghasilkan nilai yang bagus.

Pada hari Pertama UN yaitu mata pelajaran Bahasa Indonesia. Walaupun Bahasa Indonesia, namun pelajaran tersebut bukanlah mata pelajaran yang bisa dianggap gampang. Siswa SMP peserta UN 2016 harus benar-benar belajar untuk menguasai materi dengan baik agar bisa berhasil.

Untuk memudahkan bagi pelajar SMP mengikuti Ujian Nasional (UN) 2016, di bawah ini adalah kisi-kisi mata pelajaran bahasa Indonesia yang dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Adapun kisi-kisi soal Ujian Nasional (UN) 2016 mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Membaca Non Sastra

Pada bab Non Sastra ini peserta UN SMP 2016 bisa coba belajar tentang menentukan ide pokok teks, menyimpulkan isi teks, menyimpulkan pendapat (pro/kontra), dan meringkasisi teks.

2. Membaca Sastra

Pada bagian pelajaran ini diharapkan siswa SMP mampu menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel, menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel, dan menyimpulkan sebab/akibat konflik.

3. Menulis Terbatas

Kisi-kisi soal-soal tersebut ada bagian dalam bab ini yang perlu diperhatikan yakni  melengkapi teks dengan kata atau kalimat, menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks, melengkapi kata, kalimat, paragraf.

4. Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf

Dari bab ini siswa SMP peserta UN diharapkan mampu menunjukkan kesalahan penggunaan kata, kalimat, kepaduan paragraf, menggunakan istilah dalam kalimat menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)

5. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca

Siswa bisa menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan atau tanda baca.

Selamat belajar dan Ujian Nasional (UN) SMP 2016. Semoga berhasil dengan memuaskan!

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply