Makanan Oleh Oleh Galendo Khas Kota Ciamis Jawa Barat

Kuliner, Makanan 0

Makanan Oleh Oleh Galendo Khas Kota Ciamis Jawa Barat( Cikancah – Cyber )  Berbicara tentang makanan kuliner di Indonesia tentunya mempunyai banyak pilihan dan ragam  dari setiap daerah terutama yang berada di tanah air. Banyak makanan khas dari setiap daerah yang banyak terkenal bahkan sampai ke mancanegara contohnya dari kota Ciamis Jawa Barat yaitu Galendo.

Mungkin untuk sebagian orang yang mendengar kata galendo itu sangat asing tentunya, karena hanya sebagian orang saja yang mengetahui apa itu galendo. Dan ternyata galendo itu merupakan makanan yang banyak di minati di masyarakat di pedesaan juga perkotaan sampai mancanegara juga sangat terkenal . Memang makanan galendo itu keluarnya dari pedesaan yang masih banyak terdapat bahan bakunya yaitu dari buah kelapa.

Galendo di buat dari hasil olahan buah kelapa yang sudah tua dan tergolong jenis makanan cemilan yang enak dan dapat di konsumsi oleh semua kalangan baik anak anak atau pun orang tua. Sangat baik pula untuk pelengkap makanan biasa yang di hidangkan sebagai makanan cemilan sesudah melakukan 4 sehat 5 sempurna. Kenapa demikian…? Galendo merupakan makanan yang sangat anti dengan istilah bahan pengawet yang banyak beredar di jaman sekarang.

Makanan ini di hasilkan dari hasil buah kelapa asli yang tentunya di pilih mutu dan kualitasnya yang layak untuk di konsumsi. Buah kelapa pilihan yaitu buah kelapa yang sudah terlihat kecoklatan dari kulit luarnya dan di kupas di ambil kulit kelapa nya yang terdapat di dalam setelah membelah tempurungnya terlebih dahulu.Makanan galendo di buat oleh para ahli yang berpengalaman di bidangnya dengan keterampilan tangan secara manual dari pertama proses pengolahan buah kelapa hingga sampai mendapatkan hasil selain yang paling utama menghasilkan minyak goreng dan terakhirnya adalah menghasilkan makanan galendo tersebut.

Maka dari itu makanan galendo ini sangat terjamin kualitasnya, karena cara pemasakanya di hasilkan dari panas hasil pebakaran yang maksimal. Galendo juga bisa di olah kembali menjadi berbagai makanan cemilan lainya atau pelengkap menu nasi. Misalnya bisa di olah menjadi dodol galendo, kue galendo, atau sambal galendo yang enak cocok pelengkap makan nasi sehari hari.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply