Masyarakat Harus Memperkaya Kosakata Bahasa Indonesia

Artikel, Bahasa 0
bahasa indonesia

Kosakata Bahasa Indonesia

Di era modern ini masyarakat harus memperkaya diri dengan lebih banyak menguasai kosakata dalam berbahasa Indonesia. Hal ini sesuai dengan rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang meluncurkan aplikasi pengayaan kosakata bahasa Indonesia. Aplikasi ini bertujuan untuk memperkaya kosakata bahasa Indonesia yang masih kurang.

Menurut Mendikbud sekarang ini ada peluncuran aplikasi untuk memperkaya  bahasa Indonesia.  Bahasa Indonesia kita ini kosakatanya memang harus ditambah apalagi kita ingin bahasa Indonesia menjadi bahasa Internasional. Salah satu sumbernya adalah dengan menyerap kosakata dari bahasa daerah. Menurut Mendiknas, banyak sekali kosakata daerah yang sudah diserap dalam bahasa Indonesia. Dan sekarang harus lebih ditingkatkan lagi penyerapannya agar semakin kaya.

Aplikasi pengayaaan kosakata bahasa Indonesia ini memakai sistem dalam jaringan (daring). Program ini disediakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud. Tujuannya, agar bisa melibatkan masyarakat untuk turut serta memasukkan kata-kata baru guna memperkaya khazanah kosakata bahasa Indonesia dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dengan demikian maka pemutakhiran kamus bahasa Indonesia itu akan berjalan dengan lancar.

Masyarakat hanya perlu memasukkan kosakata yang baru, makna katanya dan asal daerah kosakata itu sendiri. Setelah terkumpul, Badan Bahasa Kemendikbud akan melakukan akurasi untuk memastikannya  dengan harapan bisa digunakan nantinya. Menurut Mendikbud ditargetkan dalam empat dan lima tahun ke depan dapat meningkat. Minimal bisa sampai dua kali lipat dari jumlah yang sekarang.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply