Mendikbud Meluncurkan Program Guru Pembelajar

Artikel, Pendidikan 0
 Mendikbud Anies Baswedan

Mendikbud Meluncurkan Program Guru Pembelajar

Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi dalam dunia pendidikan, yang lebih mengarah ke pendidikan digital, maka baru-baru ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan meluncurkan program baru program peningkatan kompetensi guru yakni guru pembelajar.

Sesuai dengan namanya (program guru pembelajar) maka dalam progran ini tidak hanya siswa yang belajar tetapi juga guru juga dituntut untuk belajar dalam menambah wawasan dan pengetahuan. Sifat pembelajar ini, lanjut Mendikbud, merupakan sifat yang harus ada pada semuanya baik pada guru maupun pada siswa. Dalam pelaksanaannya program tersebut menggunakan tiga moda yaitu moda tatap muka, moda dalam jajaring penuh, dan moda kombinasi keduanya.

Dalam materi pembelajaran moda tatap muka menggunakan modul cetak, sedangkan moda dalam jaringan menggunakan modul, lembar kerja, dan lembar informasi yang disusun dan disajikan secara digital. Mendikbud menginginkan guru itu tidak hanya belajar dari ketiga moda tersebut, tetapi juga belajar secara mandiri.

Mendikbud menjelaskan untuk tahap awal program guru pembelajar tersebut diikuti 1.263 peserta. Mereka nantinya akan menjadi narasumber program guru pembelajar. Guru
yang dipilih menjadi narasumber merupakan guru yang memiliki nilai Uji Kompetensi Guru (UKG) di atas 80, Widyaiswara dari LPMP dan PPPTK, dan dosen.

Nantinya peran narasumber itu sebagai hulu penyampaian materi untuk peningkatan kompetensi guru. Program guru pembelajar tersebut merupakan upaya dalam meningkatan kompetensi guru yang melibatkan berbagai sumber yakni pemerintah sebagai partisipasi publik yang meliputi pemerintah daerah, asosiasi profesi, perguruan tinggi, dunia usaha, dan industri. Demikian semoga bermanfaat.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply