Mengenal Cerita Rakyat

Artikel, Sastra 0
cerita rakyat

Mengenal Cerita Rakyat

Sebuah pepatah bijak mengatakan ‘dengan mendengar dan membaca karya sastra, akan menjadikan kita lebih lengkap sebagai manusia’. Sastra pada umumnya berkaitan erat dengan kepekaan manusiawi. Dengan demikian kehadiran karya sastra sangatlah  penting dalam kehidupan manusia.

Cerita rakyat yang merupakan sastra lisan (sastra tradisonal) yang terdapat di semua suku bangsa yang ada di Indonesia. Isinya berupa gambaran masyarakat pemiliknya tentang sendi kehidupan secara mendalam. Kehadirannya sering merupakan jawaban dari teka-teki alam yang ada di seputar kita. Oleh karena itu mengupayakan agar kita masih dapat menikmati tuah yang tertuang dalam cerita rakyat tersebut.

Pada umumnya, cerita rakyat itu bisa diperoleh penutur cerita pada waktu (1) pelaksanaan perhelatan, (2) percakapan sehari-hari, (3) saat bekerja, (4) saat dalam perjalanan, dan (5) seseorang ingin mengetahui asal usul sesuatu.

Selain merupakan hiburan, cerita rakyat juga merupakan sarana untuk mengetahui (1) asal-usul nenek moyang, (2) jasa atau teladan kehidupan para pendahulu, (3) hubungan kekarabat, (4) asal mula suatu tempat, (5) adat-istiadat, dan (6) sejarah benda-benda pusaka. Cerita rakyat juga bisa berperan sebagai penghubung kebudayaan masa silam dengan kebudayaan masa yang akan datang.

Dalam arti yang luas sastra lisan atau cerita rakyat dapat pula berperan sebagai suatu sarana atau wahana untuk menanamkan benih-benih kesadaran tentang budaya yang menjadi penunjang kehidupan suatu bangsa. Demikan semoga bermanfaat.

Tags:
Rate this article!
Mengenal Cerita Rakyat,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply