Mengenal Puisi Sufi Indonesia

Artikel, Sastra 0
puisi sastra puisi sufi

Mengenal Puisi Sufi Indonesia

Ketika berbicara tentang puisi Indonesia, maka akan tergambarlah keberagamannya. Salah satu jenis puisi dalam genre sastra Indonesia adalah puisi sufi. Nama puisi sufi memang sangat familiar di telinga kita,dan puisi tersebut berkembang dan banyak dibuat dalam ragam sastra Indonesia. Puisi sufi merupakan puisi yang yang ditulis oleh penyair yang menganut paham tasawuf.

Puisi-puisi sufi banyak diperkenalkan oleh para penyair Arab dan Persia sebagai salah satu cara melestarikan nilai-nilai keagamaan atau ajaran-ajaran dalam kitab suci mereka. Para penyair sufi berupaya menulis dengan nilai-nilai luhur atau menggunakan pendekatan yang dinamakan Tasawuf (Tasawwuf) atau Sufisme adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, untuk memporoleh kebahagian yang abadi.

Puisi sufi berisikan tentang nilai-nilai tasawuf atau yang berisi tentang pengalaman-pengalaman tasawuf pengarangnya.  Puisi sufi biasanya menggambarkan atau mengungkapkan kerinduan kepada Tuhan. Hakikat hubungan antara manusia dengan Sang Khalik atau Sang Pencipta dan segala prilaku yang tergolong ke dalam pengalaman religius. Pengalaman-pengalaman religius tersebut dituangkan dalam larik-larik puisi sehingga terciptalah suatu untaian kata yang indah.

Sebagai salah satu contoh puisi sufi dalam khazanah puisi Indonesia adalah puisi karya Abdul Hadi W.M. yang berjudul “Tuhan, Kita Begitu Dekat” di bawah ini;

Tuhan,

Kita begitu dekat

Sebagai api dengan panas

Aku panas dalam api-Mu

Tuhan,

Kita begitu dekat

Seperti kain dengan kapas

Aku kapas dalam kain-Mu

Adapun tokoh penulis puisi-puisi sufi dunia seperti yang sering disebutkan dalam media dan buku : Jalaluddin Rumi, Ibnu Arabi, Abunawas, Rabiah Al-Adawiyah, Hasan al-Bashr, Malik bin Dinar, Ma’ruf al-Kharkhi, Fudhayl ibn ‘ Iyadh dan banyak lagi yang lainnya yang dicatat.

Sedangkan di Indonesia banyak puisi dan tokoh penyair puisi sufi atau pun puisi-puisinya banyak mengulas masalah-masalah sufi dan maknanya adalah : Abdul Hadi W.M., Sutardji Colzoum Bachri, Martha Sinaga (Martha Poem), Dhenok Kristianti, juga ada yang mengatakan bahwa Sapardi Djoko Damono, Joko Pinurbo dan Remy Sylado (tokoh mbling), dan mungkin banyak yang lain yang belum dipublikasikan dan tidak diketahui, ini pendapat pribadi saya membaca karya-karya puisi mereka yang seringkali memiliki nilai-nilai religi, walaupun saya tahu ada perbedaan antara puisi sufi dan puisi religi menurut beberapa pakar puisi, namun bagi saya perbedaannya sangat tipis sekali.

Demikian artikel tentang puisi sufi yang begitu indah dan menyentuh hati,serta menenangkan jiwa semoga bermanfaat bagi kita semua dan menambah wawasan.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply