Pendidikan Bukan Hanya Tugas Pemerintah tetapi Semua Masyarakat

Artikel, Pendidikan 0
pendidikan

Pendidikan Bukan Hanya Tugas Pemerintah tetapi Semua Masyarakat

Dunia pendidikan bukan hanya tugas pemerintah saja, akan tetapi tugas semua masyarakat umum atau masyarakat sipil. Sebab, dengan peran serta  masyarakat sipil ribuan atau bahkan jutaan manusia akan mengalami suatu proses pencerdasan.  Begitu yang dikatakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Dengan demikian, masyarakat bukan hanya sebagai penonton dan tidak aktif. Maka saat ini pemerintah kembali mengembalikan keterlibatan masyarakat melalui sejumlah kegiatan. Untuk kegiatan puncak bulan Pendidikan ini, kami libatkan 108 komunitas penggiat pendidikan, sehingga menjalankan pendidikan bukan hanya tugas pemerintah tetap semua insan. Selama ini masyarakat hanya menonton tetapi kali ini kita ubah, kita sama-sama terlibat,” kata Pendiri Indonesia Mengajar ini pada Acara Puncak Hari Pendidikan di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Minggu (29/5).

Selanjutnya, Mendikbud mengatakan, pemerintah akan terus berkolaborasi dengan masyarakat karena jika melakukan secara sendiri-sendiri akan sulit. Kolaborasi menghasilkan terobosan baru. Yaitu mewujudkan pendidikan sebagai gerakan inisiatif dan pelibatan masyarakat seperti ini menjadi kuncinya. Meskipun pemerintah mempunyai kewajiban secara konstitusi untuk pendidikan, namun yang terdidik mempunyai kewajiban moral untuk ikut terlibat dalam mendidik generasi bangsa.

Literasi sangat penting, karena untuk menjadi bangsa yang maju harus didorong oleh literasi yang baik. Sehingga ke depannya, pemerintah pusat dan daerah berkerja sama untuk terus mengembangkan budaya literasi lewat buku berbentuk software dan jejaring sosial untuk terus membantu meningkatkan literasi Indonesia, begitu kata Mendikbud.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply