Pengajaran Pancasila di Sekolah Bukan Hanya Pengetahuan

Artikel, Pendidikan 0
pengajaran pancasila

Pengajaran Pancasila di Sekolah Bukan Hanya Pengetahuan

Pengajaran Pancasila sangat penting untuk diterapkan atau ditanamkan di sekolah. Pengajaran nilai-nilai Pancasila di sekolah harus diterapkan sebagai kebiasaan bukan sekadar pengetahuan yang belum tentu diimplementasikan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Kami meminta pengajaran Pancasila bukan sekadar sebagai pengetahuan tetapi sebagai kebiasaan, begitu yang dikatakan Mendikbud Anies Baswedan baru-baru ini.

Menurut Mendikbud, strategi pembiasaan nilai Pancasila itu telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2015 yang mengamanatkan penumbuhan budi pekerti berbasis nilai Pancasila sebagai kebiasaan.

Konsep pembiasaan nilai-nilai Pancasila itu misalnya dapat diterapkan dalam kegiatan piket kebersihan di sekolah. Melalui piket itu anak bisa berlatih bergotong royong dan bekerja sama, bukan sebagai pengetahuan tapi sebagai kebiasaan. Selain itu, dalam mengajarkan nilai kejujuran, tentu tidak efektif jika hanya diajarkan hanya sebagai pengetahuan, melainkan harus melalui proses pembiasaan. Oleh sebab itu dalam menyambut momentum kelahiran pancasila pada 1 Juni, Mendikbud Anies Baswedan menekankan agar Pancasila dapat dimaknai sebagai nilai individual maupun kolektif, serta sebagai kebiasaan bukan sekadar pengetahuan.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply