Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Artikel, Bahasa 0
pengertian bahasa

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli – Bahasa merupakan sarana alat komunikasi dalam menyampaikan suatu hal. Dalam kehidupan sehari-hari yang pertama kali diajarkan adalah bahasa. Karena dengan bahasa apa yang diujarkan akan tersampaikan pesan yang dimaksud.

Apa sebetulnya yang dimaksud dengan bahasa? Bahasa merupakan salah satu sistem lambang bunyi ujaran yang digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi oleh pemakainya. Walau dalam kenyataannya sering mendengar bahwa bahasa bersifat arbitrer. Yang dimaksud bahasa bersifat arbitrer ialah bersifat asal bunyi, manasuka, atau tidak ada hubungan yang logis antara kata yang digunakan sebagai simbol atau lambang dengan yang dilambangkannya.

 Di bawah ini adalah pengertian dan definisi bahasa, yang dikemukan oleh para ahli dibidangnya yang mengemukakan pengertian bahasa, di antaranya :

Bill Adams

Bahasa adalah sebuah sistem pengembangan psikologi seseorang atau individu dalam sebuah konteks inter-subjektif.

Wittgenstein
Bahasa merupakan suatu bentuk pemikiran yang bisa dipahami, dimengerti, berhubungan dengan kenyataan, dan memiliki struktur dan bentuk yang logis.

Harimurti Kridalaksana

Bahasa merupakan sistem bunyi yang bermakna dan digunakan untuk berkomunikasi oleh setiap kelompok manusia.

KBBI
Bahasa merupakan sistem bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh suatu masyarakat untuk berkomunikasi, berinteraksi, bekerjasama, dan mengidentifikasi diri.

Carol
Bahasa ialah sistem bunyi atau urutan bunyi vokal terstruktur yang dipergunakan untuk berkomunikasi internasional oleh kelompok manusia dalam mengungkapkan suatu peristiwa, hal dan proses yang terjadi disekitar manusia.

Ferdinand De Saussure
Mengemukakan bahasa sebagai ciri pembeda yang sangat menonjol, karena dengan bahasa setiap kelompok sosial merasa dirinya sebagai satu kesatuan yang berbeda dari kelompok yang lainnya.

Gorys Keraf
Bahasa merupakan komunikasi antar anggota masyarakat yang berupa lambang bunyi ujaran dan dihasilkan dari alat ucap manusia.

Sudaryono
Bahasa adalah sebagai sarana komunikasi yang sangat efektif walaupun tidak sempurna, sehingga ketidaksempurnaan bahasa dalam berkomuniksi dapat menjadi salah satu sumber terjadinya kesalahpahaman bagi pendengarnya.

William A. Haviland
Bahasa adalah sebuah sistem bunyi yang apabila digabung menurut aturannya akan menimbulkan arti yang bisa dipahami dan ditangkap oleh semua orang yang berbicara dengan mengggunakan bahasa itu.

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian bahasa menurut para ahli, semoga bermanfaat.

 

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply