Pengertian dan Telaah Sosiologi Sastra

Artikel, Sastra 0
sosiologi sastra

Sosiologi Sastra

Pengertian dan Telaah Sosiologi Sastra – Sosiologi sastra adalah suatu telaah yang obyektif dan ilmiah tentang manusia dalam masyarakat dan tentang sosial dan proses sosial. Sosiologi menelaah tentang bagaimana masyarakat itu tumbuh dan berkembang. Sastra juga berurusan dengan manusia bahkan sastra itu diciptakan oleh anggota masyarakat untuk dinikmati, dipahami, dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Sastrawan sendiri anggota masyarakat yang terikat oleh status sosial tertentu.

Menurut Ratna (2003 : 25) mengatakan : “Sosiologi sastra adalah penelitian terhadap karya sastra dan keterlibatan struktur sosialnya”. Wellek dan Warren dalam (Semi, 1989 :178) mengatakan :”Bahwa sosiologi sastra yakni mempermasalahkan suatu karya sastra yang menjadi pokok, alat tentang apa yang tersirat dalam karya sastra tersebut dan apa tujuan serta amanat yang hendak disampaikan.

Sastra adalah lembaga sosial yang menggunakan bahasa sebagai medianya. Oleh sebab itu keduanya memperjuangkan masalah yang sama yaitu berurusan dengan masalah soasial, ekonomi, politik. Perbedaannya kalau sosiologi melakukan analisis ilmiah yang objektif sedangkan sastra menembus permukaan kehidupan sosial.

Menurut Wellek dan Warren; 1956 telaah sosiologi sastra mempunyai tiga klasifikasi yaitu :

1. Sosiologi Pengarang

Yaitu yang mepermasalahkan tentang status sosial, idiologi politik yang menyangkut diri pengarang.

2. Sosiologi Karya Sastra

Yaitu mepermasalahkan tentang suatu karya sastra, pokok telaahnya adalah masalah yang tersirat dalam karya sastra dan apa tujuan yang hendak disampaikan.

3. Sosiologi Sastra

Yaitu yang memaslahkan tentang pembaca dan pengaruh sosialnya terhadap masyarakat.

Sedangkan menurut Ian Watt (Sapardi: 1978) telaah sosiologi sastra mencakup tiga hal yaitu :

  1. Konteks sosial pengarang, yang menyangkut posisi sosial masyarakat dan kaitannya dengan masyarakat pembaca.
  2. Sastra sebagai cermin masyarakat, yang ditelaah adalah sampai sejauh mana sastra dianggap sebagai pencerminan keadaan masyarakat.
  3. Fungsi sosial sastra, yang menelaah sampai berapa jauh nilai sastra berkaitan dengan nilai sosial.

Dari klasifikasi di atas dapat diperoleh gambaran bahwa sosiologi sastra, yang merupakan pendekatan terhadap sastra dengan mempertimbangkan segi kemasyarakatan, beragam dan rumit, yang menyangkut tentang pengarang, karyanya, serta pembacanya. Demikian semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply