Perbedaan Kata Sastra, Susastra, Kesastraan, dan Kesusastraan

Artikel, Sastra 0
1Sastra Indonesia

Perbedaan Kata Sastra, Susastra, Kesastraan, dan Kesusastraan

Dalam kegiatan sehari-hari pada umumnya orang salah memaknai kata sastra, susastra, kesastraan, dan kesusastraan karena keempat kata itu seringkali dianggap bermakna sama. Meskipun berasal dari kata yang sama, yaitu sastra, kata-kata tersebut memiliki makna yang berbeda.

Menurut Soedjarwo (2007:65) dalam Beginilah Menggunakan Bahasa Indonesia, kata sastrasusastra, kesastraan, dan kesusastraan memiliki makna yang berbeda. Kata sastra dahulu ditulis sastera, tetapi seiring perkembangan bahasa kemudian ditulis sastra. Kata sastra berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu dari akar katacas dan tambahan –tra. Kata cas artinya ‘mengajar’, sedangkan akhiran –tra artinya ‘alat’. Jadi, castra artinya ‘alat untuk mengajar’.

Sementara itu, kesastraan berasal dari kata sastra, sedangkan.kata kesusastraan berasal dari kata susastra. Tambahan su- pada susastra artinya ‘indah’ atau ‘lebih’ sehingga susastra bermakna sastra indah. Pada dasarnya, kata sastra tanpa tambahan su- sudah mengandung konsep nilai sehingga karya-karya yang tergolong sastra dianggap telah memiliki nilai sastra. Novel sastra, misalnya,  dianggap lebih bernilai daripada yang bukan sastra, meskipun novel-novel sastra itu kadar kesastraannya berbeda-beda.

Kata kesusastraan diartikan sebagai kumpulan atau hal-hal yang berkenaan dengan sastra, sedangkan katakesastraan digunakan untuk menyatakan pengertian kadar sastra atau yang dalam bahasa Inggris disebutliterariness. Pada kenyataannya, kata sastra justru memiliki makna yang lebih luas daripada kesusastraan. Hal itu dapat dilihat dari ilmu-ilmu sastra yang mencakup ilmu bahasa, ilmu kesusastraan, ilmu sejarah, ilmu arkeologi, dan filsafat. Demikian halnya dengan sarjana sastra yang mencakupi ahli bahasa, ahli kesusastraan, ahli antropologi, ahli sejarah, ahli arkeologi, dan ahli filsafat.

Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa kata sastrasusastra, kesastraan, dan kesusastraanmemiliki makna yang berbeda. Sastra ialah cabang kesenian yang menggunakan bahasa sebagai medium atau sarananya. Adapun susastra ialah sastra yang indah atau tinggi mutunya. Di sisi lain, kesastraan merupakan nilai atau kadar sastra, sedangkan kesusastraan adalah kumpulan karya sastra atau hal-hal yang berkenaan dengan sastra. Demikian semoga menambah wawasan kita semua.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply