Perbedaan Novel Populer dan Novel Serius

Artikel, Sastra 0
novel populer

Perbedaan Novel Populer dan Novel serius

Novel Populer dan Novel serius – merupakan dua jenis novel yang banyak berkembang dan tumbuh. Ini semua menjadikan keberagaman dan menjadi pilihan dalam membaca dan mengapresiasi. Semakin luas wawasan dan semakin tinggi apresiasi, maka akan semakin selektif dan mendalam dalam menentukan bahan bacaan.

Novel Populer memiliki ciri-ciri tersendiri.  Walaupun namanya novel populer tapi dalam penyajiannya ada yang baik seperti halnya novel serius.  Tujuan utamanya dari novel populer adalah komersial yang berujung pada materi. Dalam mencapai tujuan tersebut novel populer lebih menekankan pada unsur hiburannya, guna diterima disemua lapisan masyarakat.

Sebagai akibat hal tersebut di atas maka unsur yang lainnya sering diabaikan, yang nantinya akan menjerumuskan pengarannya sendiri untuk mengobralkan hiburan murahan bahkan rendah yang menyimpang dari norma dan susila. Novel populer karya Mira W., Marga T., Ike Soepomo, V. Lestari itu merupakan jenis novel yang baik yang dapat disejajarkan dengan novel serius.

Ciri umum umum noivel populer dapat dilihat dari bagian covel atau sampulnya yang lebih menonjolkan warna yang jelah dan ilustrasi yang ramai. Adapun ciri-ciri yang lainnya adalah sebagai dapat dilihat dari (1) Dari segi penokohan : Tokoh dalam novel populer menampilkan tokoh yang tidak jelas identitas tradisi kulturalnya. Dan juga akan ada tokoh stereotipe, (2) Tema : Umumnya tema yang diangkat tentang percintaan para remaja yang sedang bersekolah atau mahasiswa, (3) Latar : Lebih menampilkan latar yang bersifat inkonvensional atau kontemporer  dengan berbagai peristiwa yang aktual yang akan berubah sesuai perkembangan zaman.

Mengingat  novel populer lebih mementingkan kesenangan, kesederhanaan, dan penyelesaian masalah yang gampang dan selalu tuntas, maka novel populer dapat dikatakan sebagai bahan bacaan bagi kalangan ibu rumah tangga, anak-anak remaja dan bukan kaum terpelajar.

Sedangkan dalam Novel serius bertentangan dengan novel populer. Dalam novel serius pembaca dirangsang untuk menentukan pesan atau amanat pengarangnya. Tema-tema yang rumit, tokoh-tokoh yang mengalami konfliks batin dan perubahan sikap.

novel serius secara ringkas menggambarkan tema-tema yang kompleks. Memerlukan penyelesaian yang rumit dan bahkan tidak ada penyelesaian dalam setiap konfliksnya. Hubungan antaran tema, latar, tokoh, dan alur memperlihatkan kepaduan dan saling mendukung.

Novel serius termasuk ke dalam novel yang berkategori kebudayaan elite atau tinggi. Sehingga  novel serius hanya dapat dinikmati oleh kalangan terpelajar dan kalangan tertentu saja.

Dengan adanya perbedaan ciri novel populer dan novel serius, bukan berarti harus mempertentangkan keberadaan kedua novel tersebut. Tidak perlu memusuhi keberadaan novel populer, karena novel populer dan novel serius berada dalam kedudukan yang berbeda. dengan demikian pembaca tinggal memilih mana yang akan dijadikan bahan bacaan. Kalau membaca novel populer hanya akan mendapat hiburan belaka, sedangngkan jika membaca novel serius akan mendapatkan kenikmatan estetik, pencerahan pikiran dan rasa kemanusiaan.

Untuk keperluan apresiasi hendaknya memilih novel serius, karena akan banyak mendapat berbagai hal serta berbagai macam penafsiran, akan menemukan alasan-alasan yang logis atau masuk akal. Demikian artikel tentang ciri novel populer dan serius, semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply