Hati-hati Hilang Kepercayaan Karena Kesulitan Akan Hadir

Artikel, Lainnya, Lokal 0
Hati-hati Hilang Kepercayaan Karena Kesulitan Akan Hadir

Ilustrasi

(Cikancah-Cyber) – Kepercayaan didefinisikan : ┬áKemauan seseorang untuk bertumpu pada orang lain dimana kita memiliki keyakinan padanya. Kepercayaan merupakan kondisi mental yang didasarkan oleh situasi seseorang dan konteks sosialnya Makanya Kepercayaan merupakan perhiasan diri yang sangat mahal namun tidak terlihat wujudnya secara Fisik.

Semua setuju Kepercayaan adalah sesuatu yang tidak ternilai dan sangat sulit untuk dipertahankan kalau kita tidak sungguh-sungguh dalam memaknai dan menjaganya. Mungkin anda bertanya kenapa Kepercayaan menjadi topik tulisan disini, karena sebagaimana kita ketahui akhir-akhir ini telah terjadi krisis Kepercayaan yang sangat luar biasa dampaknya terutama yang terjadi dalam kehidupan sosial dimasyarakat kita pada umumnya.

Dari dahulu kala orang tua kita atau para leluhur kita sudah menanamkan pendidikan baik formal atau non formal yang pada intinya adalah supaya kita kelak dimasyarkat atau dalam bersosialisasi baik didunia bisnis, dunia kerja dan lain sebagainya menjadi salah satu orang yang mendapat Kepercayaan baik dari teman maupun atasan kita.

Dari situlah kita diwajibkan untuk saling mengingatkan kembali terhadap yang namanya Kepercayaan, kenapa demikian dan seberapa penting yang namanya Kepercayaan dapat mempengaruhi kondisi mental atau kehidupan kita di masyarakat. Sebagai contoh ada sekelompok masyarakat yang telah mempercayai salah satu dari mereka untuk menjadi nakhoda dalam dunia bisnis, tetapi di tengah perjalanan sang nakhoda itu pelan-pelan banyak mengingkari atas rencana dan janji yang semula sudah menjadi kesepakatan bersama, bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi terhadap sang nakhoda kedepannya.

Disaat perahunya sandar satu persatu penumpang yang notabene adalah teman-temannya mulai meninggalkan sang nakhoda dan berpindah ke perahu lain. Disitulah baru tersadar betapa mahalnya Kepercayaan dan sang nakhoda pun harus membawa perahunya dengan berbagai kendala dan kesulitan yang harus dihadapi sendiri.

Hikmah dari cerita diatas adalah sehebat apapun atau sepintar apapun kita tidak akan ada artinya kalau yang namanya Kepercayaan sudah menjauh dari kehidupan kita. Tiga hal yang bisa mempertahankan Kepercayaan orang lain terhadap kita yaitu Kredibilitas, Kedekatan dan Reliabilitas atau Keandalan. Ketiga hal itu bisa memagari Kepercayaan orang lain dan dapat meningkatkan nilai kita dimata orang lain atau sahabat begitupun dalam dunia bisnis. “Edisi Refleksi Jiwa Dalam Mencari Arti Kehidupan Yang Hakiki”

Tags:

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply