Mana yang Benar Khazanah atau Khasanah?

Artikel, Bahasa 0
Mana yang Benar Khazanah atau Khasanah?

Mana yang Benar Khazanah atau Khasanah?

Mana yang Benar Khazanah atau Khasanah? – Banyak kata yang diserap dari bahasa Arab. Khazanah merupakan salah satu kata yang diserap jadi pembendaraan kata bahasa Indonesia. Dalam bahasa asalnya kata tersebut mengandung huruf zain. Sesuai dengan aturan tata bahasa Indonesia kata atau istilah asing (bahasa Arab), huruf zain dalam bahasa Indonesia menjadi z.

Sepertinya banyak yang terkecoh memilih kata khazanah dengan kata hasanah yang memiliki arti kebaikan. Hasanah dalam bahasa asalnya ditulis dengan huruf awal ha, sedangkan kata khazanah ditulis dengan kata awal kha. Sampai sampai saat ini kata hasanah tidak diserap ke dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa Indonesia tidak menggunakan kata hasanah tetapi kebaikan.

Menurut laman Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, menyerap sejumlah kata dari bahasa arab yang mengandung huruf ha, seperti contoh di bawah ini : hadis → hadis, hadirin → hadirin, hakim → hakim dan masih banyak lagi.

Jadi kata yang benar adalah khazanah bukan khasanah. Dalam bahasa Indonesia kata khazanah memiliki arti pembendaharaan atau kekayaan.Bahsa Indonesia mengenal istilah khazanah kata yang artinya sama dengan kosakata, yaitu perbendaharaan kata atau kekayaan kata.

Dalam beberapa acara di stasiun televisi banyak menayangkan acara yang diberi nama khazanah (dengan z) dan ada pula yang menulisnya khasanah (dengan s). Sudah tentu yang benar adalah khazanah (dengan z). Dalam acara itu khazanah juga berarti ‘kekayaan’. Khazanah budaya bangsa, misalnya, berarti ‘kekayaan budaya bangsa’ atau khazanah Islam berarti ‘kekayaan budaya Islam’. Selain itu, khazanah juga berarti ‘tempat menyimpan harta benda atau tempat menyimpan barang berharga’. Makna terakhir ini sama dengan makna kata brankas.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply