Masa Permulaan Sastra Indonesia Modern

Artikel, Sastra 0
Masa Permulaan Sastra Indonesia Modern

Masa Permulaan Sastra Indonesia Modern

Pengertian Kata Modern

Masa Permulaan Sastra Indonesia Modern – Dalam sastra Indonesia, kata modern dipergunakan tidak untuk dipertentangkan dengan kata klasik. Kata modern dalam hal ini dipergunakan untuk menunjukkan betapa intensifnya pengaruh Barat pada perkembangan dan kehidupan sastra pada masa itu.

Sebelum berkembangnya sastra Indonesia modern, kita mengenal sastra Melayu klasik untuk membedakan dengan sastra Melayu modern yang berkembang di Malaysia.

Pengertian Sastra Indonesia

Di bawah ini adalah beberapa pendapat mengenai apa yang disebut sastra Indonesia yaitu :

Menurut Soemawidagdo (1966:62)

Suatu karya dapat dinamakan dan digolongkan ke dalam pengertian kesusastraan Indonesia apabila mencakup 3 unsur persyaratan yaitu bahasa, masalah yang dipersoalkan, dan pengarangnya. Adapun penjabarannya adalah sebagai berikut :

a. Karya ditulis pertama kalinya dengan menggunakan bahasa Indonesia

b. Masalah-masalah yang dikemukakan di dalamnya haruslah masalah-masalah Indonesia

c. Pengarangnya haruslah bangsa Indonesia

Menurut Enre (1963:10)

Menyatakan bahwa sastra Indonesia adalah sastra yang aslinya ditulis oleh dalam bahasa Indonesia, mengingat sastra dan bahasa sangat erat saling berjalin. Jadi menurut Erne syarat yang dipersyaratkan cukup dibatasi pada unsur bahasanya.

Menurut Sarwadi

Yang dimaksud dengan sastra Indonesia ialah sastra yang aslinya ditulis dalam bahasa Indonesia yang isinya memancarkan sikap dan watak bangsa Indonesia. Jadi unsur yang dipersyaratkan ada 2 yaitu :

a. Media bahasanya bahasa Indonesia

b. Corak isi karangannya mencerminkan sikap watak bangsa Indonesia di dalam memandang suatu masalah.

Ada beberapa istilah berdasarkan pengertian tersebut yang perlu dijelaskan yaitu sebagai berikut :

  1. Sastra Indonesia saduran atau terjemahan yaitu sastra yang aslinya ditulis dalam bahasa asing atau bahasa daerah di Indonesia yang kemudian diterjemahkan atau disadur dalam bahasa Indonesia.
  2. Sastra asing yaitu sastra yang aslinya ditulis dalam bahasa asing meskipun pengarangnya bangsa Indonesia.
  3. Sastra daerah atau sastra nusantara yaitu sastra yang ditulis dalam bahasa-bahasa daerah di Indonesia.

Permulaan Sastra Indonesia Modern

Permulaan sastra Indonesia modern menurut para tokoh sastra Indonesia itu beragam. Para tokoh tersebut berpendapat mengenai permulaan sastra Indonesia Modern yaitu :

Slametmuljana (1953:17)

Slametmuljana dalam sebuah artikel yang berjudul “ Ke Mana Perkembangan Puisi Indonesia” berpendapat bahwa sastra Indonesia yang resmi haruslah mulai dari tahun 1945. Menurutnya, pengertian sastra Indonesia tidak dapat dipisahkan dari Indonesia sebagai suatu nama negara.

Ia juga berpendapat bahwa berbicara tentang Indonesia sebagai suatu istilah dewasa ini tidak dapat lepas dari masalah politik. Slamet berpendapat bahwa semua hasil sastra sebelum tahun 1945 harus dipandang sebagai sastra daerah. Namun, pendapat Slametmuljana ini banyak ditolak oleh banyak tokoh.

Umar Junus

Umar Junus berpendapat di dalam karangannya “Istilah dan Masa Waktu Sastra Melayu dan Sastra Indonesia” yang termuat dalam majalah Medan Ilmu Pengetahuan 1/3 Juli 1960 berpendapat bahwa sastra Indonesia baru berkembang pada sekitar 28 Oktober 1928, yaitu saat diikrarkan Sumpah Pemuda.

Umar Junus berpendapat bahwa sastra terikat erat sekali dengan bahasa, tidak ada bahasa maka tidak ada sastra pun tidak akan ada juga. Oleh karena itu, kriteria penamaan suatu hasil sastra harus berdasarkan media bahasa yang digunakan.

Menurut Umar Junus, perkembangan sastra Indonesia harus dimulai sejak bahasa nasional lahir yaitu sejak tahun 1928. Sastra Indonesia baru berkembang sekitar tahun 1928 dan tepatnya tahun 1930-an. Umar beranggapan bahwa sastra Balai Pustaka tidak tepat digolongkan sebagai hasil sastra Indonesia karena tidak mengandung unsur nasional, sedangkan sastra Pujangga Baru menurutnya sudah digolongkan sastra Indonesia karena sudah bercorak nasional.

Ada beberapa tokoh yang keberatan terhadap pendapat Umar Junus dengan alasan sebagai berikut :

  1. Dalam kenyataannya hubungan antara sastra dengan bahasa tidak selalu bersifat mutlak.
  2. Perkembangan sastra sebelum tahun 1928 tidak terbatas hanya pada kegiatan dan hasil Balai Pustaka, banyak pengarang di luar Balai Pustaka yang menulis ketika itu misalnya Moh. Yamin, Sanusi Pane, dkk.
  3. Nugroho Notosusanto, berpendapat bahwa berbicara tentang sastra Indonesia bukan berarti berbicara tentang bahasa Indonesia melainkan tentang sastra Nasional Indonesia. Dengan demikian, prinsip sastra Indonesia adalah prinsip kebangsaan yang ditetapkan tanggal 20 Mei 1908. Dengan demikian, sastra Indonesia sebagai sastra Nasional telah ada sejak permulaan abad ke- 20. Meskipun, hal ini benar adanya, namun hal ini tetap ditentang oleh seorang tokoh sastrawan Indonesia.
  4. Fachrudin Ambo Enre, Ajip Rosidi, H. B. Jassin, dan A. Teew berpendapat bahwa sastra Indonesia modern mulai berkembang sekitar tahun 20-an. Alasan mereka adalah sebangai berikut :

a. Media bahasa yang digunakan : meskipun bahasa Indonesia secara formal diakui sebagai bahasa persatuan pada tahun 1928, realitasnya bahasa Indonesia telah berkembang di tahun-tahun sebelumnya buktinya telah ada karya yang diterbitkan diantaranya sastra terbitan Balai Pustaka sekitar tahun 20-an seperti novel Sitti Nurbaya, Azab dan Sengsara,serta puisi-puisi Moh. Yamin.

b. Corak isi yang terdapat di dalamnya : corak isi karya sastra sudah mencerminkan sikap watak bangsa Indonesia, artinya telah mengandung unsur kebangsaan. Sastra tahun 20-an telah mengandung unsur kebangsaan, dan pada sastra di luar 20-an pun telah jelas tampak mengandung unsur kebangsaan. Sebagai contoh kumpulan puisi Moh. Yamin “Tanah Air” yang temanya ialah kecintaan penyair pada tanah air dan bangsanya yang waktu itu hidup dalam penjajahan.

Demikian artikel singkat tentang Masa Permulaan Sastra Indonesia Modern yang dapat disampaikan semoga bisa menambah wawasan kita semua.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply