Mengunduh dan Mengunggah

Artikel, Bahasa 0
Mengunduh dan Mengunggah

Mengunduh dan Mengunggah

Mengunduh dan Mengunggah – Sebagai bahasa yang kaya akan kosa kata, baik kosa kata dari bahasa Indonesia itu sendiri maupun dari berbagai bahasa seperti bahasa daerah dan bahasa asing. Salah satunya adalah kata to download dan to upload (bahasa Inggris) yang dipadankan dengan bahasa Jawa yaitu ngunduh dan unggah. Kalau di Indonesiakan menjadi mengunggah dan mengunduh.

Dalam laman Balai Bahasa (Badan Bahasa) mengunduh adalah menjolok atau memanen biasanya buah-buahan dari batangnya, sedangkan mengunggah memiliki makna menaikan sesuatu ke tempat yang lebih tinggi. Mengunduh diberi makna menurunkan atau mengambil sesuatu dari tempat asalnya dan mengunggah memiliki makna menaikkan sesuatu dari tempat asalnya.

Bentuk dasarnya kata to download bermakna menurunkan atau memindahkan dari tempat yang lebih tinggi, sedangkan to upload bermakna menaikkan atau memindahkan ke tempat yang lebih tinggi. Kemudian, kedua istilah itu mengalami perluasan makna karena digunakan dalam istilah teknologi informasi. Internet atau komputer yang lebih besar diibaratkan sebagai sesuatu yang berada di atas, sedangkan media penyimpanan atau perangkat komputer yang lebih kecil tempat menyimpan atau mengirim data dianggap sebagai sesuatu yang berada di bawahnya.

Jadi dengan demikian, to download berarti memindahkan data dari komputer yang lebih besar ke perangkat penyimpanan atau media komputer yang lebih kecil, sedangkan to upload bermakna memindahkan data dari perangkat penyimpanan atau media komputer yang lebih kecil ke komputer yang lebih besar. Jadi dari penjelasan di atas dapat dilihat persamaan konsep antara to download dan unduh serta antara to upload dan unggah yang menjadi dasar pemadanan. Dua kata pertama memiliki kesamaan konsep menurunkan, sedangkan dua kata terakhir memiliki kesamaan konsep menaikkan.

Kalau dilihat dalam tata cara pedoman umum pembentukan istilah, cara pemadanan demikian disebut dengan penerjemahan dengan perekaan, yaitu pemadanan istilah asing dengan penciptaan istilah baru yang berasal dari khazanah kata bahasa di nusantara yang memiliki kesamaan konsep. Selain hal itu, kemudahan pengucapan dan estetika bentuk juga memengaruhi keberterimaan kata mengunduh dan mengunggah. Demikian semoga menambah wawasan kita semua.

Tags:
Rate this article!
Mengunduh dan Mengunggah,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply