Menjadi Seorang Pemimpin Yang Tangguh

Artikel, Pendidikan 0
Menjadi Seorang Pemimpin Yang Tangguh

Menjadi Seorang Pemimpin Yang Tangguh

Menjadi Seorang Pemimpin Yang Tangguh – Kepemimpinan yang tangguh bisa diartikan sebagai pemimpin yang memiliki sebuah keyakinan. Karena keyakinan merupakan sebuah harta benda bernilai bagi setiap individu. Bila seorang pemimpin selalu berpikir positif, bekerja sungguh-sungguh demi kepentingan rakyatnya, disiplin, dan totalitas berkarya niscaya akan menemukan suatu bentuk keberhasilan dan seluruh program-program yang diberikan akan dapat dirasakan oleh masyarakat.

Kualitas kepemimpinan itu dapat diukur. Pengukuran ini sangat bermanfaat dalam menemukan esensi kepemimpinan sejati, tangguh dan tidak tergoncangkan. Seorang pemimpin tangguh memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Selalu menciptakan tantangan yaitu selisih antara apa yang diharapan dengan apa yang dicapai saat ini.
  2. Selalu menciptakan kesempatan atau peluang yang konstruktif dan kreatif bagi pengembangan sekolahnya.
  3. Selalu menggerakkan warganya untuk membangun teamwork yang kompak dan cerdas, saling terkait, seperti layaknya orkestra atau gamelan yang diatur oleh dalang.
  4. Selalu mendorong bawahannya untuk mengambil resiko. Dia menciptakan kondisi atau lingkungan yang mendorong bawahannya merasa enak untuk melakukan inovasi, prakarsa, inisiatif, dan eksperimentasi, meskipun hasilnya salah dan diharapkan mereka belajar dari kesalahannya.
  5. Menerapkan prinsip-prinsip “ ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani “.
  6. Selalu menggunakan informasi yang akurat untuk melakukan perubahan (inovasi, reformasi, revitalisasi, resistemisasi, restrukturisasi, rekon-figurasi, rekulturisasi, refigurisasi, atau apapun namanya).
  7. Mampu memobilisasi sumberdaya atau aset yang ada dilingkungannya, baik aset intelektual, moral, finansial maupun material.

Demikian artikel singkat tentang Menjadi Seorang Pemimpin Yang Tangguh, semoga bisa menjadi pedoman dan menambah wawasan kita semua.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply