PAUD Merupakan Investasi Penting dalam Pendidikan

Artikel, Pendidikan 0
PAUD Merupakan Investasi Penting dalam Pendidikan

PAUD Merupakan Investasi Penting dalam Pendidikan

PAUD Merupakan Investasi ┬áPenting dalam Pendidikan – Pendidikan itu harus dimulai dari usia dini. Maka akses dan mutu pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) perlu diperbaiki agar bisa mengubah mutu pendidikan, mengurangi kesmiskinan, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebagaimana dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Hal tersebut berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Universitas Oxford belum lama ini.

Mendikbud menyebutkan, studi ini sejalan dengan teori pendidikan anak usia dini, yang dicetuskan oleh James J. Heckman. James menekankan, investasi pendidikan yang menghasilkan rencana ekonomi terbesar adalah investasi PAUD.

Dengan memberikan investasi yang besar untuk PAUD, maka akan memiliki dampak yang jauh lebih besar dari investasi lain. Karena PAUD membentuk dan menumbuhkan semua karakter dasar anak. Sehingga anak menjadi rajin, dan disipin atau tidaknya semua tergantung pendidikan PAUD yang diterima, tegas Mendikbud pada saat Persemian PAUD Nol Kilometer Kemdikbud, di Jakarta, Senin (20/6).

PAUD memiliki peranan yang sangat penting. Ke depannya, pemerintah akan terus menonjolkan program-program PAUD untuk mempersiapkan generasi emas bangsa. PAUD harus didukung dengan sarana dan prasarana yang baik.

Dengan demikian, harus ada pembenahan di setiap institusi PAUD itu sendiri. Pasalnya, bukan hanya perguruan tinggi (PT) yang fisiknya bagus, namun PAUD tidak kalah penting. PAUD memiliki peranan yang lebih besar, sehingga harus ditinjau kembali pendidikan PAUD yang selama ini dijalankan.

Tidak dibenarkan jika PAUD mengajarkan siswa untuk membaca, menulis, dan berhitung (calistung). PAUD adalah tempat permainan yang membentuk karakter anak, bukan untuk belajar calistung. Boleh diajarkan anak mengenal huruf dalam permainan, tetapi bukan untuk membaca dan menulis.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply