Pemerintah Daerah Harus Dukung Standarisasi Pendidikan

Artikel, Pendidikan 0
standardisasi

Pemerintah Daerah Harus Dukung Standardisasi Pendidikan

Pemerintah Daerah Harus Dukung Standarisasi Pendidikan – Dalam dunia pendidikan masih banyak persoalan-persoalan yang perlu penyelsesaian. Dalam menyelesaikan persoalan pendidikan di tanah air Indonesia perlu adanya sinergi semua pihak termasuk di dalamnya pemerintah daerah, sebagaimana dijelaskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Persoalan-persoalan dalam pendidikan bisa diselesaikan dengan baik jika ada sinergi yang baik dari semua pihak yang terlibat termasuk di dalamnya Pemerintah Daerah (Pemda). Pemerintah Daerah berkewajiban memenuhi standar minimal dasar pendidikan. Di daerah manapun di Indonesia harus dipastikan bahwa anak-anak mendapatkan pelayanan pendidikan yang baik. Dalam hal ini pemerintah daerah harus bisa memastikan bahwa anak-anak harus mendapatkan layanan pendidikan yang baik.

Apabila pelayanan minimal pendidikan telah dipenuhi, maka akan memberi contoh bahwa masalah-masalah pendidikan bisa diselesaiakan dengan sinergi yang baik dari semua pihak yang terkait.

Standar Pelayanan Minimal pendidikan telah dibuat dan dicantumkan dalam Undang-Undang Sitem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) Tahun 2003. Begitu pula telah dicantumkamkan dalam Undang-Undang Pemerintah Daerah Nomor 23 Tahun 2014. Jika semua telah mengacu ke dalam Undang-Undang tersebut maka persoalan pendidikan dapat diselesaikan dengan baik. Intinya Standar Minimal Pendidikan berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. Jika kualitas pendidikan baik, maka kualitas manusia pun akan lebih baik lagi.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply