Sudah 90 Persen Guru Tersertifikasi

Artikel, Pendidikan 0
Sudah 90 Persen Guru Tersertifikasi

Sudah 90 Persen Guru Tersertifikasi

Sudah 90 Persen Guru Tersertifikasi – Dari tahun ke tahun peningkatan kualitas guru menunjukkan peningkatan yang signifikan. Guru yang tersertifikasi mengalami lonjakkan yang drastis sebagaimana disampaikan oleh Mendikbud. Hampir seluruh guru di Indonesia sudah tersertifikasi.

Menurut Mendikbud, dari total 1,7 juta guru yang diangkat pada 2005, sudah 1,63 juta guru atau sekitar 93,3 persen yang sudah tersertifikasi pada tahun 2015. Dalam peningkatan angka partisipasi penduduk dalam pendidikan, dan juga peningkatan persentase jumlah penduduk yang melek aksara, hal tersebut tidak terlepas dari peran pendidik dan tenaga kependidikan.

Kemendikbud memastikan guru-guru berkompeten dan tersertifikasi. Selain itu, setiap tahun juga akan digelar tes uji kompetensi guru (UKG) agar kualitas pendidik terus mengalami peningkatan.

Mendikbud menargetkan tahun depan nilai UKG menjadi 7 (tujuh). Angka ini setiap tahun ditingkatkan hingga pada 2019, seluruh guru rerata memiliki nilai UKG delapan (8). Pendidikan pun tidak terlepas dari peran bahasa. Saat ini Kemendikbud juga telah meningkatkan kosakata baru Bahasa Indonesia sebanyak 109.611, atau meningkat 800 lema dari tahun 2014.

Harapan Mendikbud Bahasa Indonesia semakin kaya diksinya, sehingga tidak perlu lagi dengan serapan dari bahasa asing.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply