Teknik Baru dalam Mendisiplinkan Siswa di Sekolah

Artikel, Pendidikan 0
Teknik Baru dalam Mendisiplinkan Siswa

Teknik Baru dalam Mendisiplinkan Siswa di Sekolah

Teknik Baru dalam Mendisiplinkan Siswa di Sekolah – Dalam mendisiplinkan anak atau siswa seorang guru harus memiliki teknik baru. Karena pada prinsipnya baik guru ataupun siswa perlu perlindungan. Begitu yang diungkapkan oleh Mendikbud, karena semakin maraknya tindak kekerasan yang dilakukan di sekolah baik pada siswa maupun kepada guru.

Sebagai contoh ada seorang guru yang mencubit siswa dan dilaporkan kepada polisi. Semua perlu pencegahan kekerasan di sekolah, baik yang menimpa siswa maupun yang terjadi pada guru. Guru perlu perlindungan, begitu pula siswanya. Sekolah harus memfokuskan pada proses pendidikan. Bila ada kejadian seperti itu perlu bantuan hukum. Guru harus berubah. Direktorat Pendidikan Keluarga yang ada di Kemendikbud sudah mengeluarkan teknik-teknik baru pendidikan orang tua kepada anaknya.

Seorang guru harus belajar teknik baru dalam mendisiplinkan anak didiknya. Mendisiplin anak atau siswa menjadi sebuah tantangan. Harus dipandang sebagai fenomena dalam dunia pendidikan, jelas Mendikbud. Hal tersebut diapreasi oleh anggota DPR Komisi X yang telah menerbitkan Peraturan Mendikbud tentang pencegahan kekerasan di sekolah.

Dalam Permendikbud Nomor 82 Tahun 2015 setiap sekolah harus memiliki gugus pencegahan kekerasan, perlu adanya pendisiplinan dalam pelaksanaan. Untuk jangka waktu ke depan akan dimasukkan ke dalam Dapodik. Siapa anggonya, dan siapa yang melaksanakan atau mempertanggungjawabkannya dalam menjalankannya. Masalah kekerasan dimasukkan dalam masalah pendidikan. Institusi atau lembaga pendidikan harus memiliki organ yang bisa merespon terhadap kekerasan.

Setiap sekolah harus membuat SOP, mempunyai papan pengumuman untuk pelaporan. setiap sekolah membuat gugus. Pendisiplinannya dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menegah.

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply