Terapkan Pendidikan Sistem Ganda di SMK

Artikel, Pendidikan 0
Terapkan Pendidikan Sistem Ganda di SMK

Terapkan Pendidikan Sistem Ganda di SMK

Terapkan Pendidikan Sistem Ganda di SMK – Pendidikan di Indonesia terus dibenahi dan ditingkatkan. Oleh karena itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menggalang kerja sama dengan Jerman untuk menerapkan pendidikan sistem ganda (dual system) di sekolah kejuruan (SMK) di Indonesia. Pendidikan sistem ganda menggabungkan pengajaran teori di ruang kelas dan praktik magang di industri. Sistem tersebut sudah diterapkan di Jerman.

Mendikbud tak ingin pemerintah Indonesia menerima ilmunya mentah-mentah. Model pelatihan kejuruan dengan sistem ganda ini akan disesuaikan dengan peta jalan pengembangan SMK yang sudah disusun Kemendikbud. Hanya belajar dari pola yang diterapkan di Jerman.

Dari hasil kunjungan itu dapat dipetik suatu pelajaran penting yaitu Indonesia tidak bisa menerapkan model sistem berganda Jerman secara mentah-mentah atau copy paste. Langkah paling bijak adalah menjadikan model di Jerman sebagai referensi untuk mengembangkan model pendidikan kejuruan terbaik untuk Indonesia.

Kunjungan yang dilakukan Mendikbud ke Jerman dilakukan pada Selasa 28 Juni, Mendikbud juga melihat langsung program magang siswa sekolah kejuruan ke GKN Driveline, pembuat komponen otomotif berteknologi tinggi di Lohmar, Jerman. GKN Driveline sudah membuktikan bahwa proses pelatihan teknis dengan keterampilan tinggi dapat dilakukan secara berlanjut berkat kerja sama pelatihan sistem ganda dengan berbagai SMK di Negara Bagian Nordrhein-Westfalen.

Selain itu Mendikbud juga mengunjungi Gewerbe Schule GroƟ Gerau (GSGG), sebuah SMK di Hesse yang memiliki 2.700 siswa. SMK itu memiliki mitra lebih dari 800 perusahaan. Salah satu kunci sukses Jerman yang perlu diterapkan ialah semua pihak yang terlibat harus mendapatkan manfaat. Sampai perusahaan pun bersedia menaruh dananya ke dalam program ini karena mereka mendapatkan jaminan pasokan tenaga kerja terampil.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply