Aneka Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan

Artikel, Kesehatan 0
Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan

Aneka Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan – Di lingkungan sekitar kita beraneka tumbuhan. Tumbuhan tersebut bermanfaat bagi kita semua. Tentu kita kenal dengan daun yang satu ini. Daun ini biasa digunakan sebagai pewarna makanan secara alami. Daun tersebut namanya adalah daun suji. Kalau diperhatikan, bentuknya mirip dengan daun pandan, tapi tentu kedua daun ini memiliki perbedaan.

Daun pandan biasa digunakan untuk diambil warna dan juga aromanya. Sedangkan daun suji, ternyata hanya dimanfaatkan warnanya saja karena daun ini tidak memiliki aroma yang kuat seperti daun pandan.

Daun suji selain dimanfaatkan sebagai pewarna, ternyata daun suji punya manfaat lainnya untuk kesehatan. Manfaat daun suji di antaranya adalah seperti di bawah ini :

Mengobati Gusi Berdarah

Salah satu bagian yang penting dalam mulut adalah gusi. Gusi merupakan salah satu bagian yang ada di dalam mulut. Gusi dapat terkena infeksi yang menyebabkannya berdarah. Jika gusi berdarah, cobalah gunakan daun suji untuk mengatasinya.

Caranya dengan merebus beberapa lembar daun suji. Dan gunakan air rebusannya untuk berkumur. Lakukan secara rutin dan teratur sampai gusi sembuh dan tidak berdarah lagi.

Mengatasi Sakit Perut

Hampir semua orang tentu pernah mersakan sakit perut. Diare atau karena makan-makanan yang tidak sehat. Jika punya masalah perut, coba minum rebusan air daun suji.

Di dalam daun suji terdapat zat bernama flavonoid dan tanin yang berfungsi sebagai anti bakteri. Ketika minum air rebusan daun suji, maka bakteri yang ada di dalam perut penyebab sakit perut dapat diatasi.

Mencegah Kerusakan Kulit

Polusi udara tentu sangat mengganggu dan buruk bagi kesehatan kita. Salah satu senyawa yang terkandung dalam polusi udara adalah radikal bebas. Radikal bebas ini dapat menyebabkan kulit kamu menjadi rusak dan kusam.

Solusi untuk mengatasi masalah kulit adalah daun suji. Karena, di dalam daun suji terdapat polifenol yang berfungsi untuk mencegah kerusakan kulit.

Melancarkan Aliran Darah

Selain untuk merawat kesehatan kulit, polifenol juga dapat melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Polifenol akan merenggangkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar.

Untuk mendapatkan aliran darah yang lancar, maka konsumsilah rebusan daun suji secara teratur. Selain aliran darah jadi lancar, juga dapat mencegah berbagai penyakit seperti stroke, tekanan darah tinggi, dan penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Mengatasi Sakit Gigi

Sifat bakteri yang dimiliki falvonoid dan tanin di dalam daun suji dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Kedua zat tersebut akan membantu menghilangkan bakteri yang ada di dalam mulut. Bakteri-bakteri yang dihilangkan adalah bakteri penyebab sakit pada gigi.

Mencegah Kerusakan Sel

Ternyata daun suji juga dapat mencegah kerusakan sel. Senyawa polifenol dan flavonoid di dalam daun suji akan menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Ketika radikal bebas dapat diatasi, sehingga kerusakan sel dapat dihindari.

Meningkatkan Sistem Imun

Agar tahan terdapat serangan penyakit, maka harus memperhatikan sitem imun yang sangat penting bagi kita. Cara yang biasa digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan asupan vitamin C yang tinggi. Ternyata ada cara lain, yaitu dengan asupan polifenol.

Kandungan yang terdapat di dalam daun suji adalah kandungan polifenol yang cukup tinggi. Polifenol inilah yang akan membantu meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Sehingga, akan lebih tahan terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Demikian artikel tentang Aneka Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan semoga bermanfaat.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply