Asal Usul Kenapa Banyak Bahasa di Dunia

Artikel, Bahasa, Pendidikan 0
Asal Usul Bahasa di Dunia

Asal Usul Bahasa di Dunia

Asal Usul Kenapa Banyak Bahasa di Dunia – Banyak para ahli yang berdebat selama beberapa abad lamanya untuk mengetahui mengapa ada banyak bahasa di dunia ini. Memang hal ini sedikit rumit untuk dituntaskan, mengingat bukti langsung tidak pernah ada sama sekali. Beragam bahasa di dunia ternyata menarik perhatian untuk meneliti dari mana sebenarnya berasal. Menurut data yang ada terdapat sekitar 7.000 jenis bahasa yang ada di dunia atau di muka dunia.

Menurut Noam Chomsky, ahli bahasa asal Amerika Serikat, bahasa terbentuk pada 60.000-100.000 tahun yang lalu di Afrika. Sebelum bahasa terbentuk seperti sekarang, manusia hanya menggunakan bahasa isyarat (mulut, gestur, gaya, dan bahasa tubuh) hingga otak manusia mulai memahami dan memberikan nama terhadap benda-benda.

Bahasa yang paling banyak digunakan adalah bahasa Mandarin yang menduduki peringkat pertama sebagai bahasa yang paling banyak digunakan, kemudian bahasa Spanyol dan bahasa Inggris.

Zaman Mesir kuno, Psammetichus meneliti bagaimana bahasa tercipta dengan mengurung dua orang bayi ke dalam kandang yang berbeda. Setelah dua tahun dikurung akhirnya kedua bayi tersebut dapat menyebutkan satu kata yang sama yaitu bekos yang berarti roti. Dari percobaan tersebut maka ditarik kesimpulan bahwa Phyrgian adalah asal muasal bahasa di dunia karena dapat diucapkan oleh seorang bayi tanpa dipelajari.

Dan bahasa juga berasal dari isolasi perkembangan manusia yang mencoba bertahan hidup dengan berpindah-pindah dan membentuk bahasa sesuai denagn lingkungan sekitarnya, hal ini juga yang menjadi alasan mengapa di negara kepulauan terdapat banyak bahasa. Semakin berkembangnya peradaban pada masa saat itu pula, otak berevolusi sehingga semuanya menjadi lebih kompleks. Dari sini pula, mulai memberikan nama seperti sebutan untuk benda, makanan, bahkan minuman sekalipun.

Bagaimana otak berevolusi sehingga semuanya menjadi lebih kompleks? Pada awalnya, hanya menggabungkan dua kata benda. Kata benda yang dimaksud adalah “Meja” dan “Makan”. Sehingga, jika digabungkan menjadi “Meja Makan”. Dari sinilah awal mula atau cikal bakal kenapa ada banyak bahasa di dunia ini.

Evolusi otak yang dimaksud tersebut seperti halnya yang terjadi di sekitar, seperti kondisi alam, makhluk hidup lain, nama tempat, hingga makanan dan minuman yang memiliki sebutan tersendiri. Dan sampai sekarang asal usul bahasa masih diperdebatkan dan masih diteliti.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply