Beberapa Tipe Guru yang Sering Kita Jumpai di Sekolah

Artikel, Pendidikan 0
Tipe Guru di Sekolah

Tipe Guru di Sekolah

Beberapa Tipe Guru yang Sering Kita Jumpai di Sekolah – Peran guru dalam proses kemajuan pendidikan sangatlah penting. Guru merupakan salah satu faktor utama bagi terciptanya generasi penerus bangsa yang berkualitas, tidak hanya dari sisi itelektulitas saja melainkan juga dari tata cara berperilaku dalam masyarakat. Oleh karena itu tugas yang diemban guru tidaklah mudah.

Guru yang baik harus mengerti dan paham tentang hakekat sejati seorang guru, hakekat guru dapat kita pelajari dari definisi atau pengertian dari istilah guru itu sendiri. Guru merupakan orang tua kedua bagi kita, yang turut mengiringi tumbuh kembang dan perilaku diri kita. Saat kita masih duduk di sekolah, sebagian waktu kita habiskan bersama mereka. Banyak cerita suka dan duka yang kita sudah lewati bersama mereka dalam beberapa tahun.

Ada beberapa tipe guru yang biasa kita jumpai disekolah, di antaranya

Guru Bersahabat

Di setiap sekolah biasanya memiliki setidaknya satu guru yang memiliki sifat seperti ini. Dengan tipe guru seperti ini, bisa berbagi hal apapun dengannya. Selain bersahabat dengan para siswanya, tipe guru ini juga seorang pemberi solusi yang baik. Jika tidak bisa menceritakan masalah dengan sahabatmu, meminta masukan dari guru tipe ini akan menjadi solusi yang tepat.

Guru Seksi

Tipe guru seperti ini bagi siswa perempuan akan menjadi teladan bagi mereka, bagaimana ia berbicara, berpakaian dan membawa dirinya. Mereka akan menaruh kekaguman yang tinggi terhadap guru tipe ini. Sedangkan bagi siswa laki-laki, guru tipe ini mungkin akan menjadi cinta pertama bagi mereka. Dimanapun mereka berada, bayangan si guru seksi ini bakal berus terngiang di benak mereka.

Guru Killer

Guru bertipe killer ini membuat kehidupan di sekolah akan tidak tentram dengan kehadiran guru ini. Rasa yang tidak jelas antara takut dan benci ketika bertemu dengan guru killer. Guru tipe ini rajin sekali yang namanya memberikan tugas kepada siswanya. Aktivitas pembelajaran di dalam kelas pun terasa seperti di neraka dan tidak nyaman.

Namun, cepat atau lambat kita akan menyadari bahwa sebetulnya mereka benar-benar mendorong kita untuk memberikan yang terbaik. Yang beliau inginkan adalah potensi yang ada dalam diri kita bisa dikeluarkan secara optimal sehingga kita bisa meraih prestasi.

Guru Motivator

Dengan banyaknya tugas dan pelajaran di sekolah kadang membuat kita depresi, tertekan, dan kurang bersemangat dalam belajar. Kita seolah dibuat putus asa, merasa sia-sia dan tak berdaya. Di sinilah tugas guru tipe motivator.

Tipe guru motivator tersebut mungkin tidak pernah menyuruh kita untuk giat belajar. Namun, lewat cerita-cerita inspiratif yang mereka sampaikan di kelas, mereka sesungguhnya telah menyuntikkan racun motivasi ke dalam diri kita. Kita patut bersyukur memiliki tipe guru seperti ini dan biasanya mereka akan tetap kita ingat hingga kita tua.

Guru Lucu

Biasanya guru bertipe lucu banyak disukai para siswanya. Selain memberikan materi pelajaran di kelas, kerjaan lain dari guru ini adalah membuat lelucon-lelucon segar dan spontan yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Guru seperti ini yang akan membuat kita betah berlama-lama dikelas. Proses pembelajaran akan menjadi lebih nyaman dan menarik.

Demikian artikel tentang Beberapa Tipe Guru yang Sering Kita Jumpai di Sekolah. Menurut kamu, mana yang sering kamu temui dan mana tipe guru yang paling disukai ?
Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply