Bentuk Dukungan Orang Tua di Rumah Dalam Penumbuhan Budi Pekerti Anak

Artikel, Pendidikan 0
Penumbuhan Budi Pekerti Anak

Penumbuhan Budi Pekerti Anak

Bentuk Dukungan Orang Tua di Rumah Dalam Penumbuhan Budi Pekerti Anak – Dalam rangka penumbuhan budi pekerti maupun budaya prestasi anak, banyak sekali bentuk dukungan yang bisa dilakukan oleh orang tua di rumah. Setiap orang tua atau keluarga memiliki cara-cara tersendiri dalam mendidik anak-anak mereka di rumah atau mendudkung keberhasilan sekolah anaknya.

Cara yang baik perlu terus dilanjutkan. Hanya cara pengasuhan yang tidak sesuai dengan perkembangan zaman maupun teori-teori pendidikan dan pengasuhan yang benar harus diubah. Niat baik harus dilakukan dengan cara yang baik pula.

Tujan dari hal tersebut di atas adalah untuk menyiapkan dan membantu generasi penurus tersebut untuk meraih cita-cita dan kepentingan terbaik mereka. Dengan demikian  ada beberapa bentuk dukungan orang tua atau keluarga di rumah terhadap penumbuhan budi pekerti anak, yaitu : (1) Menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan menyenangkan, (2) Menumbuhkan budi pekerti, dan (3) Melindungi anak dari berbagai ancaman di seputar mereka.

Sedangkan hal-hal yang diharapkan terjadi di rumah atau dalam keluarga adalah (1) Keluarga terbiasa menjalankan ibadah dan tuntutan agama, (2) Anak terbiasa sarapan sebelum ke sekolah, (3) Anak terbiasa pamitan saat mau berangkat sekolah,(4) Orang tua menghubungi wali kelas jika anak tidak masuk sekolah, (5) Keluarga memiliki aturan yang disepakati bersama anak, (6) Orang tua memiliki nomor Hp Kepala Sekolah, Wali Kelas, dan Ketua Komite, (7) Orang tua menjalin komunikasi efektif dengan anak, (8) Keluarga memberikan dukungan sehingga anak merasa nyaman, (9) Keluarga terbiasa melakukan kegaiatan bersama, (10) Keluarga melakukan kegiatan lain yang positif, dan (11) Membiasakan anak mandiri dan bertanggungjawab.

Seorang penulis novel Garrison Keillor menyatakan  : Tidak ada yang sia-sia jika kita melakukan sesuatu untuk anak-anak. Mereka sepertinya tidak memperhatikan kita, mengalihkan pandangan dan jarang berterima kasih, tapi apa yang kita lakukan untuk mereka tidak pernah sia-sia.

Demikian dan semoga apa yang dipaparkan di atas senantiasa bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua.

 

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply