Cara Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat

Artikel, Kesehatan 0
Cara Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat

Cara Menurunkan Demam Anak 

Cara Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat – Demam adalah suatu keadaan saat suhu badan melebihi 37oC yang disebabkan oleh penyakit atau peradangan. Terjadinya demam karena mekanisme pertahanan tubuh sedang melawan kuman yang masuk.

Demam akan membuat anak rewel dan membuat orangtua terutama ibu menjadi khawatir.  Anak yang memiliki suhu tinggi berkepanjangan dapat menyebabkan sawan. Dengan demikian, demam harus diatasi karena dapat membahayakan bagi anak.

Ada beberapa cara cepat yang bisa digunakan dalam menurunkan demam  pada anak tanpa menggunakan obat, yaitu :

Kaus Kaki Basah

Saat suhu tubuh tinggi, cobalah pakai kaus kaki basah saat tidur. Namun, jangan basahi kaus kaki dengan air biasa.

Caranya, isilah mangkuk atau wadah apa saja dengan dua gelas air dan tambahkan satu sendok makan cuka. Setelah itu rendamlah sepasang kaus kaki ke dalam mangkuk tersebut. Peraslah kaus kaki dan pakai dalam semalam.

Dalam waktu 40 menit, penggunaan kaus kaki basah dapat menurunkan suhu yang tinggi. Penelitian mengungkapkan, cuka dapat menurunkan demam dan meningkatkan aliran darah.

Kompres

Cara mengkompres yaitu dengan meyediakan air hangat lalu celupkan kain atau handuk kecil ke dalamnya. Tempelkan di dahi hangat. Bila lap atau handuk sudah mulai dingin, celupkan kembali ke air hangat.

Kompres tubuh atau mandi air hangat

Cara yang paling efektif saat anak demam ialah mengompres seluruh tubuhnya dengan cara membasuh dengan air hangat yang dapat dilakukan berkali-kali. Dengan begitu, demam anak akan mereda.

Membasuh air hangat dapat juga dilakukan dengan mengajak anak mandi, dan sama sekali tidak berbahaya sepanjang menggunakan air hangat. Mandi air hangat selain membantu meredakan demam, juga membuat anak nyaman. Ketika air menguap dari kulitnya, akan mendinginkan dan membawa suhu ke bawah. Jangan gunakan air dingin. Hal ini dapat membuat dia menggigil dan menyebabkan suhu tubuhnya meningkat.

Memberikan cairan atau sup

Dengan memberikan banyak anak cairan atau sup  seperti minuman hangat atau jus buah segar, untuk membantu mendinginkan tubuh dari dalam ke luar dan tetap terhidrasi nya.

Tanggalkan pakaian berlapis

Menanggalkan pakaian yang berlapis akan memudahkan  anak dapat kehilangan panas lebih mudah melalui kulitnya. Bajunya dalam satu lapisan pakaian tipis saja. Jika dia menggigil, memberinya selimut tipis sampai dia hangat lagi.

Demikian artikel tentang Cara Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat, selamat mencoba semoga berhasil

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply