Hari Ini Jakarta Terapkan Uji Coba Kebijakan Plat Nomor Ganjil Genap

Berita 0
Hari Ini Jakarta Terapkan Uji Coba Kebijakan Plat Nomor Ganjil Genap

Ilustrasi

(Cikancah-Cyber) – Ujicoba kebijakan Ganjil Genap pada plat nomor kendaraan mulai berlaku pada hari ini, Rabu 27 Juli 2016 dan meliputi beberapa ruas jalan yang dulunya masuk dalam kawasan 3 in 1. Maka kendaraan yang boleh melintas di jalan protokol pada hari ini adalah yang ber nomor polisi ganjil sesuai dengan tanggal dan dilihat dari nomor paling belakang.

Rencana uji coba dengan kebijakan baru ini selama satu bulan, jadi meskipun terjadi pelanggaran petugas hanya memberikan peringatan. Pengawasan sendiri dilakukan dibeberpa titik persimpangan dengan melibatkan beberapa personil petugas kepolisian untuk mengawasi kendaraan. Selain petugas kepolisian Pemda DKI Jakarta juga menerjunkan sejumlah personil dari Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Daerah atau kawasan yang menjadi prioritas meliputi persimpangan Bundaran Patung Kuda, Bank Indonesia, Sarinah, Bundaran HI, Bundaran Senayan, CSW, persimpangan Kuningan sisi Mampang Prapatan, persimpangan Kuningan sisi Gatot Subroto, dan persimpangan HOS Tjokroaminoto. Kebijakan baru ini diambil pemerintah DKI Jakarta untuk mengurai kemacetan sebelum berlakunya kawasan jalan berbayar atau yang disebut electronic road pricing (ERP).

Kebijakan ini meliputi jalan Sudirman, Thamrin, Medan Merdeka Barat, Sisingamangaraja, dan sebagian Jalan Gatot Subroto  (simpang Kuningan sampai Gerbang Pemuda) berlaku pada hari  Senin sampai Jumat, tepatnya pada pukul 07.00-10.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB.

Mobil atau kendaraan yang tidak terkena kebijakan tersebut adalah Mobil Dinas Presiden RI, Mobil Dinas Wakil Presiden RI, Mobil Dinas Pejabat Lembaga Tinggi Negara yang berplat RI berikut mobil pengawalnya.

Selain mobil dinas diatas kendaraan dinas instansi pemerintah, mobil pemadam kebakaran, mobil ambulans, mobil angkutan umum yang ber plat kuning, angkutan barang dan sepeda motor. Khusus dua kendaraan yang terakhir, tak dilarangnya angkutan barang dan sepeda motor dilakukan dengan catatan atau sesuai dengan ruas jalan yang diperbolehkan.

Tags:

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply