Makanan Tradisional Intip

Kuliner, Makanan 0
Cemilan Khas Intip

Cemilan Khas Intip

Makanan Tradisional Intip – Kerak nasi adalah istilah lain dari intip (Bahasa Jawa). Intip merupakan makanan khas Solo Jawa Tengah.┬áIntip ini diolah menjadi makanan cemilan yang khas, rasanya kriuk-kriuk dan gurih yang asli hasil dari kerak endapan nasi liwet dari dasar periuk yang di masak dengan kayu bakar. Salah satu ciri khasnya yakni taburan kinco atau gula jawa cair di atas gorengan atau taburan garam halus jika ingin rasanya asin.

Pembuatan Intip bisa dibilang sedikit rumit. Terlebih dahulu harus mengumpulkan kerak nasi yang melekat pada panci. Kerak nasi dapat dihasilkan apabila kita menanak nasi dengan cara tradisional. Yaitu menggunakan kendil, semacam panci tebal yang terbuat dari alumunium atau besi. Kerak nasi yang menempel di kendil dilepas kemudian di jemur sampai kering, baru digoreng.

Menggoreng Intip tentu saja ada teknik khusus. Intip harus terendam minyak supaya matang merata. Kalau tidak, intip akan gosong di bagian pinggir tetapi tengahnya belum matang. Hem, selamat memcoba cemilan tradisional ini, dijamin memuaskan.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
Makanan Tradisional Intip,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply