Manfaat Keterlibatan Keluarga dalam Pendidikan Anak

Artikel, Pendidikan 0
Keterlibatan Keluarga dalam Pendidikan Anak

Keterlibatan Keluarga dalam Pendidikan Anak

Manfaat Keterlibatan Keluarga dalam Pendidikan Anak – Ketika anak sudah memasuki masa pubertas, maka keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak adalah salah satu kunci keberhasilan anak di sekolah. Pentingnya peranan keluarga dalam pendidikan anak, khususnya orang tua dapat dilihat dari beberapa poin. Pertama, Orang tua telah dikenal anak sebagai guru mereka yang pertama dan sebagai panutan. Orang tua adalah guru yang penting.

Pendampingan keluarga (orangtua) tetap merupakan yang pertama dan utama dalam upaya anak mewujudkan potensi yang mereka miliki. Cara pendampingan akan berbeda pada setiap anak usia sekolah. Keluarga juga berperan dalam menumbuhkan budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari anak. Caranya dengan dengan metode ACB yaitu Ajarkan, Contohkan, dan Biasakan.

Ada beberapa manfaat keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak, yaitu :

(1) Meningkatkan kehadiran anak di sekolah, (2) Mengurangi prilaku mengganggu pada anak, (3) Sikap prilaku anak lebih positif, (4) Meningkatkan kebiasaan anak belajar, (5) Meningkatkan prestasi akademik anak, (6) Meningkatkan upaya orang tua untuk mendorong anak belajar, (7) Meningkatkan komunikasi antara orang tua dan anak, (8) Meningkatkan harapan orang tua pada anak, (9) Orang tua merasa turut berhasil, (10) Meningkatkan kepercayaan diri orang tua, (11) Meningkatkan upaya orang tua untuk mendorong anak belajar, (12) Meningkatkan kepuasan orang tua terhadap sekolah, (13) Mendukung iklim sekolah yang lebih baik, (14) Meningkatkan semangat kerja guru, dan (15) Mendukung kemajuan sekolah secara keseluruhan.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply