Menanti Gebrakan Mendikbud Baru Muhadjir Effendy

Artikel, Berita, Pendidikan 0
Mendikbud Muhadjir Effendy

Mendikbud Muhadjir Effendy

Menanti Gebrakan Mendikbud Baru Muhadjir Effendy – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) baru, Muhadjir Effendy, memiliki pekerjaan rumah yaitu masalah guru yang harus segera diatasi. Sebab, kompetensi dan kualitas guru berpengaruh langsung terhadap proses pembelajaran siswa di sekolah.

Menurut pengamat pendidikan, M. Abduhzen pada kepemimpinan Anies Baswedan, profesionalitas guru salah satunya diukur melalui uji kompetensi guru (UKG). Kendati demikian, esensi dari UKG perlu dikaji kembali oleh Mendikbud Muhadjir Effendy.

“UKG apakah itu sebuah langkah yang substantif dan esensial sehingga patut diteruskan atau justru dicarikan model lain. Ini perlu dipikirkan kembali oleh Mendikbud baru,” tuturnya. Sebagai tindak lanjut UKG, Anies kemudian menerapkan pola guru pembelajar. Menurut Abduhzen, konsep yang sedang berjalan tersebut butuh dilihat efektivitasnya.

Guru pembelajar sebagai tindak lanjut dari UKG, konsepnya menurut saya baru jalan sehingga perlu dilihat kembali seberapa rasional dan efektif untuk target yang diharapkan,” sebutnya. Sejauh ini, Anggota Dewan Pembina Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) itu menilai, kinerja Anies Baswedan sudahlah baik, meski ada beberapa program yang kurang tepat.

“Seperti penghapusan MOS itu bagus, tetapi kalau persoalan sertifikasi guru itu masih samar. Saya harap mendikbud baru yang berasal dari latar belakang pendidikan ini punya manajemen, pemikiran, dan pengaturan dan pengalaman yang baik dalam membuat kebijakan,” paparnya.

Ditemui secara terpisah usai serah terima jabatan di Kemdikbud pada 27 Juli kemarin, Muhadjir mengatakan, kompetensi guru merupakan masalah klasik. Dia sendiri belum menyusun program baru lantaran akan mengkaji terlebih dahulu apa yang sudah dilakukan oleh mendikbud sebelumnya.

“Tetapi untuk masalah kurikulum dan guru tak ada pesan khusus dari Presiden. Soal kompetensi guru sebenarnya merupakan masalah klasik. Penanganannya saya juga perlu berunding dengan Pak Anies,” ucapnya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply