Mendikbud Imbau Kepala Daerah Tempatkan Guru secara Merata

Artikel, Pendidikan 0
Mendikbud Imbau Kepala Daerah Tempatkan Guru secara Merata

Mendikbud Imbau Kepala Daerah Tempatkan Guru secara Merata

Mendikbud Imbau Kepala Daerah Tempatkan Guru secara Merata – Penempatan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS yang berprofesi sebagai guru dan tenaga kependidikan di sekolah harus di tempatkan secara merata. Hal tersebut sebagaimana himbauan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Mendikbud mengimbau kepada kepala daerah untuk menempatkan ASN yang berprofesi sebagai guru dan tenaga kependidikan pada sekolah negeri maupun swasta secara merata tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal-usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur atau kondisi kecacatan.

Hal itu tertuang dalam surat edaran Nomor 36186/MPK/KP/2016 tanggal 20 Juli 2016, Klik sini (Surat Edaran Mendikbud. Pemerataan Penempatan Guru dan Tenaga Kependidikanyang ditandatangani langsung oleh Mendikbud. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa imbauan tersebut bertujuan untuk pemerataan penempatan guru, sehingga hak setiap warga negara untuk memperoleh pendidikan yang bermutu baik di sekolah negeri maupun swasta dapat terwujud.

Harapan Mendikbud nantinya tujuan dari pendidikan nasional untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang berdemokratis serta bertanggung jawab dapat tercapai.

Masih ada kendala pendidikan di Tanah Air, yakni masalah distribusi guru yang tidak merata. Rasio guru di Tanah Air yakni 1:17, lebih baik jika dibandingkan rasio guru di Korea yaitu 1:32 dan Jepang 1:26. Sebetulnya saat ini bukan kekurangan guru, melainkan karena persoalan distribusi guru yang tidak merata, maka ada daerah yang mengalami kelebihan dan kekurangan guru.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply