Mendikbud Wajib Perhatikan Pendidikan NonFormal

Artikel, Berita, Pendidikan 0

Pendidikan Nonformal

Pendidikan Nonformal

Mendikbud Wajib Perhatikan Pendidikan NonFormal – Banyak pekerjaan rumah dalam dunia pendidikan di tanah air, yang salah satunya adalah memperhatikan semua sektor pendidikan dengan merata. Hal itu semua menjadi pekerjaan rumah Menteri pendidikan dan Kebudayaan yang baru Muhadjir Effendy.

Hal tersebut diungkapkan oleh pendiri Sekolah Perempuan Desa, bahwa pendidikan nonformal selama ini masih dianak tirikan oleh pemerintah. Harapannya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy bisa lebih memperhatikan pengembangan pendidikan nonformal. Sebab masih banyak warga yang tidak menjangkau pendidikan formal karena pembiayaannya mahal.

Selama ini pendidikan nonformal masih dianak tirikan. Sampai saat ini pemerintah masih dan hanya fokus pada pendidikan formal. Sebagai contoh, dari Rp50 triliun Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2016 digunakan untuk sektor pendidikan, sektor pendidikan formal mendapatkan alokasi yang sangat besar yakni hampir 99 persen atau Rp48 triliun. Sementara pendidikan nonformal hanya 1 persen lebih atau hanya Rp2 triliun saja. Minimal adanya pemerataan anggaran antara pendidikan formal dan pendidikan nonformal. Semoga Menteri pendidikan dan Kebudayaan yang baru bisa lebih peduli lagi terkait perkembangan pendidikan nonformal.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply