Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Anak

Artikel, Pendidikan 0
Meningkatkan Literasi Anak

Meningkatkan Literasi Anak

Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Anak – Sebagai orang tua yang baik, harus mampu memotivasi anak untuk lebih giat lagi membaca. Dengan membaca akan membukakan jendela dunia. Karenanya membaca harus kita biasakan dalam keluarga. Sebagai orang tua harus menumbuhkan kebiasaan membaca di dalam keluarganya.

Ada bebarapa cara yang bisa diambil dari untuk menumbuhkan minat membaca pada anak, yaitu : (1) Mendorong anak untuk senang membaca, (2) Mengajak anak untuk pergi ke toko buku, taman bacaan, perpustakaan, (3) Membuat pojok buku di rumah, (4) Melatih mennulis dengan baik, (5) Menyediakan berbagai buku bacaan yang diminati keluarga, dan (6) Menginstal software dan aplikasi yang memungkinkan membaca buku melalui gawai.

Sedangkan manfaat dari membaca itu sendiri adalah (1) Menambah wawasan dan pengetahuan, (2) Menambah kosa kata baru, (3) Melatih keterampilan berpikir kritis, (4) Melatih untuk dapat menulis dengan baik, (5) Meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas, (6) Mendukung kemampuan berbicara di depan umum, (7) Mencegah penurunan fungsi berpikir, dan (8) Meningkatkan kualitas ingatan.

Demikian artikel tentang Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Anak semoga senantiasi bisa menambah wawasan kita semua.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply