Siapa Orang Dibalik Suksesnya Permainan “Pokemon GO”

Berita, Game 0
Siapa Orang Dibalik Suksesnya Permainan "Pokemon GO"

John Hanke CEO Ninatic Labs

(Cikancah-Cyber) – Permainan Pokemon Go sedang trend dan menjadi fenomena games yang luar biasa dan hampir diseluruh negara tengah menggandrungi permainan ini. Tetapi sebenarnya siapa dan bagaimana perjalanan permainan Pokemon Go sampai bisa rilis dan menjadi fenomena di kalangan para gamer di seluruh dunia.

Game ini mampu merubah kebiasaan para netizen yang semula lebih banyak bermain game diruangan kini para gamer yang memainkan Pokemon Go dituntut untuk berkeliaran dan menelusuri tempat-tempat dimana terdapat pokeStop untuk berburu monster dan barang-barang lainnya untuk menaikkan level dari permainan ini.

Adanya penyatuan dunia game dengan dunia nyata yang membuat game ini berbeda dengan yang lainnya. Teknologi augmented-reality dan global positioning system (GPS) yang digunakan pada game Pokemon Go merupakan ide brilian dari Niantic Labs.

Siapa Orang Dibalik Niantic Labs?

Figur yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan dibalik suksesnya game Pokemon Go adalah sang pemimpin atau CEO dari Niantic Labs yakni John Hanke . John Hanke adalah orang yang berhasil mengembangkan permainan Pokemon Go sehingga menjadi trend baru akhir-akhir ini dan dibilang sebuah game yang fenomenal diabad sekarang.

Tentang Perjalanan John Hanke

John Hanke sebelumnya dikabarkan adalah seorang karyawan di Google yang ikut berjasa mengembangkan program Google Earth dan Google Maps. Perjalanan hidup John memang tidak secepat atau sesingkat yang kita bayangkan. Sejak mahasiswa tahun 1996 John Hanke sudah mencoba membuat sebuah game yang diberi nama MMO (Massively Multiplayer Online Game) pertama yang disebut ‘Meridian 59’.

Dengan ketekunannya dalam menggeluti dunia IT dan akhirnya pada tahun 2000 John Hanke berhasil menciptakan aplikasi ‘Keyhole’ dimana dia berhasil  menghubungkan antara peta dengan foto udara, dengan  bahkan bisa secara online dengan kualitas gambar yang bisa 3D,  peta udara ini merupakan terobosan pertama di seluruh dunia yang terhubung dengan GPS.

Karena kecanggihan aplikasi tersebut akhirnya Keyhole dibeli juga oleh Google dengan diberi nama menjadi Google Earth. Atas prestasi yang dia dapat John Hanke semakin bersemangat untuk menciptakan sebuah game yang berbasis GPS kedepannya dan dia terus melakukan inovasi.

Setelah berselang empat tahun John Hanke bergabung dengan Google dalam tim Geo dan enam tahun kebersamaanya John Hanke berhasil juga ikut mengembangkan aplikasi Google Maps dan Google Street View. Serasa cukup pengalaman akhirnya pada tahun 2010 dia mendirikan Niantic Labs sebagai perusahaan yang berhasil didanai oleh Google dalam mengembangkan permainan yang berbasis GPS.

Dua tahun kemudian tepatnya tahun 2012, John Hanke kemudian membuat game Ingress yang berbasis augmented reality. Kelebihan game ini adalah dimana  Niantic meminta para penggemarnya  untuk mengajukan berbagai tempat dan bangunan di seluruh dunia yang bisa dijadikan “portal” atau daerah kekuasaan dalam dunia Ingress.

Niantic berhasil mengumpulkan data tempat atau bangunan yang dikirimkan oleh para pemain game Ingress dari situlah  rupanya portal-portal paling populer kini menjadi basis data dari lokasi-lokasi Pokestop dan Gym dalam permainan Pokemon GO.

Dari pengalaman itulah John Hanke berpikir cerdas dan cepat untuk melahirkan Game Pokemon GO. Dimana Pokestop diserahkan oleh pengguna, jadi jelas tempat itu adalah lokasi yang sering didatangi oleh masyarakat. Ttempat-tempat tersebut biasanya berupa museum,Taman, situs sejarah, atau tempat dengan desain arsitektur unik.

Berkat keberhasilannya menciptakan game Pokemon GO akhirnya pada 6 Juli 2016  di Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru secara resmi permainan ini dirilis. Meskipun belum resmi dirilis diseluruh negara tetapi game ini bisa di download dibeberapa negara termasuk Indonesia. Baca di http://www.cikancah-cyber.com/2016/07/link-untuk-download-pokemon-go-di-indonesia.html

Joh Hanke juga berhasil mengumpulkan dana dalam pengembangan game Pokemon Go ini yang bersumber dari Google, Nintendo dan investor lainnya sejak bulan Desember 2015 sampai Februari 2016. Sekarang John Hanke dan timnya terus bekerja dalam menyempurnakan dan mengembangkan game Pokemon Go ini dengan target bisa rilis di hampir 200 negara.

Kita tunggu sejauh mana Game Pokemon GO akan bertahan dibalik sukses dan dampak negatif dari permainan ini.

Tags:

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply