Terus Belajar agar Bisa Menjadi Guru Profesional

Artikel, Pendidikan 0
Cara Menjadi Guru Profesional

Cara Menjadi Guru Profesional

Terus Belajar agar Bisa Menjadi Guru Profesional – Kegiatan guru pembelajar merupakan model pemberdayaan kompetensi guru dalam mewujudkan profesionalisme guru. Oleh karena itu, baik person, model, rancangan, kesiapan instruktur, sarana dan prasarana harus menjadi suatu sitem yang sinergi dalam persiapannya. Salah satu komponen tidak menunjang, maka akan menghambat peningkatan kemampuan professional guru.

Profesional guru tidak hanya terkait dengan proses normative kelayakan ijazah saja. Tetapi professional guru berkaitan dengan banyak hal, di antaranya proses pematangan dan peningkatan kemampuan akademik. Kemampuan ini akan mencerminkan kulaitas kompetensi.

Oleh Karena itu, program guru pembelajar sangat erat kaitannya dengan program PKB (Penilaian Kinerja Berkelanjutan) yang berujung pada layak atau tidaknya guru itu dikatakan professional. PKB Penilaian Kinerja Berkelanjutan) membutuhkan proses yang panjang dan saling mengisi dalam kelengkapan batas minimal persyaratan kompetensi guru professional.

Peran guru professional sangat menentukan hasil belajar yang erat kaitannya dengan kualitas hasil pendidikan. Guru harus benar-benar memahami core value dari tupoksi yang harus dilakukannya. Integritas kematangan kompetensi akademik dan kemampuan manajerial harus terbangun.

Minimal masih ada kemauan untuk berubah dan beradaptasi demi memenuhi persyaratan professional kerja. Profesional kerja tersebut adalah sebagai tuntutan aturan, kebijakan, dan regulasi di bidang pendidikan.

Seorang guru harus terus berusaha untuk belajar. Jangan sampai mentok, atau apa adanya karena dengan terus belajar akan bisa menjadi guru yang profesional. Jika terjadi apa adanya, maka akan sangat merugikan bagi pribadinya maupun bagi system pendidikan.

Oleh karena itu, dengan adanya guru pembelajar merupakan suatu momen penting demi terbangunnya motivasi menjadi guru profesional. Menjadi guru profesional itu harus dengan berproses, berapresiasi, berekspresi, dan berinovasi.

Demikian pembahasan singkat artikel tentang Terus Belajar agar Bisa Menjadi Guru Profesional, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.

 

 

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply