Tipe-Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah

Artikel, Pendidikan 0
Tipe Kepala Sekolah

Tipe Kepala Sekolah

Tipe-Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah – Keberhasilan dan kualitas sekolah pertama-tama ditentukan oleh faktor pemimpin. Pimpinan sekolah terdiri dari dinas pendidikan, yayasan, kepala sekolah dan komite sekolah. Pemimpin bertugas untuk membimbing dan mengarahkan bawahan agar bekerja sesuai tujuan sekolah.

Oleh karena itu, seorang pemimpin sekolah dituntut memiliki keberanian dan kemampuan menggerakkan bawahan, siswa, dan wali siswa agar arahan dan instruksinya didengar dan dilaksanakan. Kulaitas pimpinan merupakan otak sekolah. Sehingga ada pemimpin sekolah yang cerdas, kreatif, penuh tanggung jawab, tetapi ada pula yang kurang kreatif, kurang cerdas, dan kurang bertanggung jawab.

Tipe kepemimpinan kepala sekolah dapat dipetakan secara sederhana, yaitu sebagai berikut :

Tipe Tim Leader/Pemimpin Profesional

Ini adalah tipe paling ideal. Pemimpin tipe ini fokus pada tujuan sekolah dan mampu menjalin hubungan baik dengan seluruh stake holder sekolah. Team Leader sekolah haruslah orang yang paling paham tujuan, cara dan langkah-langkah mencapai target program dan target kerja secara terprogram, mensupervisi dan mengevaluasi, serta mempertanggung jawabkannya dalam bentuk laporan kerja.

Melalui seperangkat program kerja, tim leader berani dan mampu mengendalikan dan mengarahkan guru, pegawai, siswa dan wali murid untuk mencapai tujuan sekolah. Kemampuannya menjalin hubungan baik dengan bawahan dan seluruhstake holder memungkinkan kerjasama yang kompak dan penuh kesadaran. Tipe ini mirip pola kepemimpinan tim sepak bola. Setiap tim biasanya memiliki kapten yang bertugas pengatur tim. Sebagai pemimpin, kapten sepak bola juga turut bermain dengan baik.

Tipe Pemimpin Idealis

Ini adalah tipe paling umum. Pemimpin idealis adalah orang yang fokus pada tujuan, hingga kadang kurang menjalin hubungan baik dengan semua komponen sekolah. Kepemimpinan tipe idealis merupakan yang paling umum di sekolah-sekolah rintisan yang maju. Mereka mampu mencapai hasil bahkan lebih baik dari tipe tim leader.

Fokus pada tujuan menjadikan guru dan pegawai harus bekerja keras. Akibatnya, mereka kadang merasa berat dan tertekan ketika berada di bawah pemimpin idealis yang sarat dengan target kerja betapaun kondisi dan kemampuan bawahannya. Tipe ini mengacu pada tipe kepemimpinan birokrasi, militer dan perusahaan yang dihadapkan pada target kerja yang ketat. Tipe ini cocok untuk sekolah rintisan atau sedang bermasalah. Pemimpin yang tegas diperlukan ketika berhadapan dengan situasi yang tidak solid, tidak efektif atau terancam.

Tipe Nyantai

Ini adalah tipe kepemimpinan yang buruk dan paling umum terjadi di sekolah-sekolah pedesaan. Kepala sekolah memiliki jalinan hubungan baik dengan bawahan, siswa dan wali murid tetapi bukan dalam konteks memuluskan tercapainya tujuan sekolah.

Kepala sekolah semacam ini biasanya paling disukai bawahan. Meski tidak efektif, suasana sekolah biasa terasa kompak, karena hubungan baik tersebut lebih menonjol dari segi hubungan pertemanan, bukan relasi profesional.

Tipe Gambar/Simbul

Ini adalah tipe kepemimpinan paling buruk, tetapi banyak juga sekolah yang dipimpin oleh pemimpin semacam ini. Pemimpin hanya berperan sebagai gambar/simbul. Keberadaannya seolah hanya sebagai syarat kelengkapan saja.

Sudah pasti, ini bukan tipe pemimpin ideal, sebab pada dasarnya pemimpin semacam ini adalah orang yang tidak siap memimpin. Secara mental, mereka tidak kemampuan dan keberanian seorang pemimpin. Selain tidak efektif, pemimpin gambar menjadikan suasana sekolah cenderung tidak kondusif.

Demikian artikel singkat tentang Tipe-Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah semoga senantiasa menambah wawasan semuanya.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply