Bentuk Dukungan Keluarga dengan Anak Berkebutuhan Khusus

Artikel, Pendidikan 0
Bentuk Dukungan Keluarga

Bentuk Dukungan Keluarga

Bentuk Dukungan Keluarga dengan Anak Berkebutuhan Khusus – Setiap anak adalah permata, cahaya dalam kehidupan. Tugas kita untuk membuatnya bersinar, sehingga cahayanya berpendar terang. Namun, terkadang dalam prose situ kita menemukan banyak kendala. Orang tua akan menjadi pemenang jika mampu mengalahkan Kendal-kendala itu.

Salah satu kendala itu adalah anak kita yang mengalami hambatan dalam perkembangan yang dikarenanya sering memiliki kebutuhan khusus. Anak-anak yang mempunyai hambatan perkembangan ini tumbuh dengan kecepatan dan cara belajar yang berbeda.

Mereka mempunyai hak yang sama dengan anak-anak lain. Oleh karena itu, walaupun pada awalnya mungkin merasa bingung dan berusaha menolak kenyataan, namum upaya perlu dilakukan agar anak bisa belajar dan mengembangkan potensi yang dimiliki.

Ada beberapa macam anak yang memiliki kebutuhan khusus, yaitu :

Tunanetra

Tunanetra adalah istilah umum yang biasa digunakan untuk kondisi seseorang yang mengalami gangguan atau hambatan dalam indra penglihatannya.

Tunawicara

Tunawicara adalah istilah umum yang biasa digunakan untuk kondisi seseorang yang mengalami gangguan atau hambatan dalam indra bicaranya.

Tunarungu

Tunarungu adalah istilah umum yang biasa digunakan untuk kondisi seseorang yang mengalami gangguan atau hambatan dalam indra pendengarannya.

Tunagrahita

Tunagrahita adalah keadaan keterbelakangan mental, keadaan ini dikenal juga retardasi mental.

Tunadaksa

Tunadaksa adalah kelainan yang meliputi cacat tubuh atau kerusakan pada tubuh.

Tunalaras

Tunalaras adalah individu yang mengalami hambatan dalam mengendalikan emosi dan control social.

Autis

Autis adalah kelainan perkembangan system saraf pada seseorang yang kebanyakan diakibatkan oleh faktor hereditas dan kadang-kadang telah dapat dideteksi sejak bayi berusia 6 bulan.

Yang perlu dilakukan oleh orang tua atau keluarga yang memiliki anak berkebutuhan khusus tersebut adalah harus banyak belajar sebanyak mungkin tentang hambatan perkembangan yang dialami anak. Sering berbicara dengan keluarga yang mempunyai anak dengan yang sama. Dan yang paling penting lagi banyak membaca buku-buku serta bertanya kepada yang ahlinya. Temukan dukungan yang bisa membantu anak.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply